Rangkaian Kereta MRT Jakarta Tahap Pertama Siap Dikirim

Sumber foto: jakartamrt.co.id

Peninjauan dan uji coba kereta MRT Jakarta dilakukan oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar bersama Direktur Konstruksi, Silvia Halim, di pabrik pembuatannya, Toyokawa Plant, milik Nippon Sharyo, Jepang (18/2). Aktivitas ini merupakan prosedur yang harus dilakukan sebelum kereta dapat dikirim ke Jakarta.

Menurut William, hal terpenting yang diperiksa adalah memastikan komponen-komponen dari kereta MRT Jakarta bekerja dengan baik sesuai dengan spesifikasi teknik. “Kami juga mengecek dan mencoba langsung performa kereta di jalur (track) yang berada di area pabrik,” lanjutnya. Dalam proses pengirimannya akan dimulai dari pabrik Toyokawa Plant menuju pelabuhan di Kota Toyohashi. Selanjutnya, akan diberangkatkan dengan menggunakan kapal laut pada tanggal 7 Maret 2018.

Nantinya, ada dua set rangkaian kereta yang akan dikirim pertama kali dan diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok akhir Maret 2018. “Hasil tes rangkaian kereta ke-1 dan ke-2 memuaskan. Seluruh fitur di dalam rangkaian kereta tersebut bekerja dengan dengan baik sesuai dengan harapan,” jelas William. Pihak MRT Jakarta mengharapkan kepada Nippon Sharyo agar tetap menjaga kualitas terbaik dalam produksi rangkaian kereta ke-3 dan selanjutnya. Aspek kualitas dan keaamanan merupakan prioritas pihak MRT Jakarta dalam memberikan layanan kepada pelanggan pada saat beroperasi.

MRT Jakarta akan memiliki 16 set rangkaian kereta, dengan rincian satu set rangkaian kereta terdiri dari enam kereta. Kereta akan dioperasikan dengan menggunakan sistem operasi otomatis level dua (GoA 2) dan sistem persinyalan Communication-based Train Control yang dikendalikan dari Operation Control Center.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)