Rasakan Pengalaman Teknologi Imersif Lewat House of Future

House of Future
LED 3D menyambut para pengunjung yang datang ke House of Future. (Foto: Vina Anggita)

Perusahaan yang berfokus pada solusi audio-visual berteknologi tinggi, PT V2 Indonesia menghadirkan pengalaman baru dalam menikmati berbagai teknologi teranyar lewat House of Future (HoF), Jumat (17/06/2022). Bertempat di Plaza Indonesia Level 3, HoF merupakan Experience Creative Gallery Store untuk semua kebutuhan teknologi, mulai dari audio-visual hingga teknologi masa depan (IoT, AI, VR, XR, Metaverse dan Robotics) yang dapat diimplementasikan untuk pengguna mulai dari konsumen rumah tangga hingga korporasi.

House of Future bekerja sama dengan beberapa official partner seperti Meta, Intel, disguise, Digital Domain, 99 Virtual Race (99VR) platform yang mendorong setiap orang untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup sehat, dan Visionaries 777 dengan aplikasinya 'Inspekly'. 

“V2 selalu ingin menjadi pionir teknologi, membawa dan mengembangkan teknologi yang ada dari seluruh dunia. Karena kami ingin menjadi pionir, kami ingin punya tempat yang bisa menjadi wadah experience di mana orang bisa hadir, melihat, bahkan berinteraksi dan mencoba (teknologi) untuk kebutuhan organisasinya,” ujar Rudi Hidayat, CEO V2 Indonesia dalam exclusive interview bersama SWA Online.

Mengusung konsep Seeing is Believing, HoF hadir dengan tampilan toko yang high-end dan futuristik. Begitu masuk, pengunjung akan disambut dengan LED 3D yang menampilkan konten video 3D kreatif dan imajinatif yang terasa nyata. V2 Indonesia juga melengkapi HoF dengan Artificial Intelligence (AI) dari Intel yang dapat mendeteksi dan menghitung jumlah pengunjung yang masuk/ keluar. Dilengkapi pula dengan fitur face recognition yang mampu mengindentifikasi dan mengkonfirmasi identitas pengunjung melalui wajahnya.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan dunia Metaverse, HoF telah menyiapkan zona Extended Reality (XR) dan Virtual Reality (VR). V2 Indonesia membuat terobosan dengan merambah teknologi XR untuk mendukung event hybrid yang imersif di masa depan. Di HoF, para kreator seperti pembuat film, iklan, dan konten audio visual lainnya dapat mencoba memproduksi konten visual berbasis XR secara langsung.

Berkolaborasi dengan Meta, HoF juga menghadirkan Horizon Work Room untuk dapat melakukan pertemuan metaverse menggunakan Meta Quest 2. "Kami akan menunjukkan kepada klien dan pelanggan bahwa ini nyata, di mana mereka dapat mengadakan pertemuan Metaverse melalui VR. Di masa depan, mungkin akan lebih seamless seperti kacamata biasa; jika itu terjadi, kami juga akan memperbarui teknologi terkini kami,” lanjut Rudi.

Selain itu, ada area podcast yang digunakan untuk kebutuhan membuat konten in-house atau memperkenalkan teknologi terbaru dari klien dan mitra. "Siapa saja yang memiliki teknologi terbaru akan diundang, kami akan mengundang podcaster, dan kami akan membagikannya melalui YouTube untuk menunjukkan masa depan teknologi di Indonesia. Kami menginginkan sesuatu yang sudah ada di Indonesia, bukan hanya mimpi."

Selanjutnya, ruang teknologi lain yang terletak di HoF termasuk Ritel Area, ruang tertentu yang menampilkan iklan modern secara berbeda. Teknologi di ruangan ini didukung oleh IoT (Internet of Things) RFID sensor digital signage dan Spark AR dari Meta untuk menampilkan tampilan Augmented Reality.

Ruangan lainnya adalah XR Stage. Didukung oleh teknologi dari penyamaran, di ruang ini, pelanggan dapat mengalami pengalaman realitas diperpanjang (XR) yang memungkinkan mereka untuk memadukan virtual dalam lingkungan produksi langsung untuk menciptakan pengalaman yang sepenuhnya imersif.

Selanjutnya, ada Listening Area; ruangan ini akan memberikan kenyamanan dan pengalaman mendengarkan musik kepada pelanggan dengan teknologi nirkabel, dan aplikasi terbaru yang didukung oleh Dolby Atmos, dan juga terdapat Technology Lounge; tempat dimana pelanggan bisa mendapatkan pengalaman terbaik untuk tampilan LED melalui creative signage dan wall yang menawarkan pengalaman Metaverse dengan bermain game menggunakan Oculus.

Terakhir adalah Command Center dimana pelanggan akan mendapatkan pengalaman pelacakan wajah & IoT dari Intel. Serta pengalaman bertemu cakrawala ruang kerja dari Meta juga bisa dirasakan disana. “Nanti akan muncul Welcome nama pengunjung tersebut. Lalu kami juga bisa tahu zona mana yang sering dikunjungi. Nanti kami bisa pelajari kenapa orang tidak ke zona tersebut. Apakah tidak menarik atau tidak relevan. Tapi tentu kami berharap semua zona bagus untuk dikunjungi,” harapnya.

Sejalan dengan visi perusahaan, di mana terus melakukan inovasi mengikuti perkembangan teknologi. Lewat House of Future, V2 Indonesia berkomitmen untuk selalu menghadirkan teknologi terdepan dan memajukan teknologi di Indonesia sehingga dapat memberikan edukasi terbaik kepada masyarakat, klien, maupun mitra.

“Kami berharap HoF akan menjadi top of mind di masyarakat bahwa ada tempat untuk merasakan experience teknologi di Plaza Indonesia, namanya HoF. Seperti halnya Mice Centre di Kuningan City yang sudah sangat populer, saya yakin HoF akan lebih dari itu apalagi teknologinya lebih up-to-date,” tegas Rudi. Ke depan, Rudi juga berharap V2 Indonesia dapat menjadi pionir untuk setiap penggunaan teknologi terkini di Tanah Air.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)