Rayakan 45 Tahun di Indonesia, Toyota Genjot Ekspor

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) merayakan ulang tahun ke-45 tahun di Tanah Air. Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN, menyatakan komitmennya dalam melakukan ekspor. Toyota Indonesia mencatat hingga bulan September 2016 volume ekspor menembus angka 1 juta unit."Pencapaian 1 juta unit ekspor model Toyota dari Indonesia merupakan bukti bahwa produk otomotif Indonesia mampu bersaing di pasar global," katanya dalam sambutan perayaan 45 tahun Toyota di kawasan Jakarta Selatan.

45th-toyota-indonesia-anniversary-6

Posisi Toyota Indonesia kini semakin strategis sehingga memberi peluang untuk meningkatkan kontribusi dalam percaturan industri otomitif nasional sekaligus menjadi salah satu basis produksi dan ekspor global mobil Toyota untuk mensuplai pasar internasioanal ke lebih dari 80 negara di berbagai belahan dunia. Nonami juga optimis pabrik Toyota di Indonesia bisa memperkuat cengkeramannya sebagai basis produksi semakin banyak model.

Sejak tahun 1987 perusahaan ini telah melakukan ekspor kendaraan utuh, yakni Kijang generasi ke-3 yang diekspor ke Brunei Darussalam. Setelah itu volume ekspor per tahunnya berada di kisaran 500 unit dengan lima negara tujuan di kawasan ASEAN dan Pasifik.

Pada tahun 2004, sejak pengembangan Toyota Kijang generasi ke-5 atau dikenal dengan Kijang Innova, kinerja ekspor Toyota Indonesia terus meningkat di tahun-tahun berikutnya seiring dimulainya produksi Fortuner, Vios, dan Yaris. Saat ini rata–rata volume ekspor kendaraan utuh model Toyota dari pabrik Toyota dan grup di Indonesia telah mencapai 12.000 unit per bulan.

Tahun lalu, ekspor kendaraan utuh model Toyota dari Indonesia mencapai angka 176.700 unit, menyumbang sekitar 85% dari total ekspor kendaraan utuh Indonesia. Selain itu, Toyota Indonesia juga melakukan kegiatan ekspor dalam bentuk kendaraan terurai (Complete Knock-Down/CKD), 2 tipe mesin bensin dan ethanol, komponen, serta alat bantu produksi di proses pengepresan (Dies) dan proses pengelasan (Jig). Produk-produk ekspor Toyota Indonesia ini dikapalkan ke lebih dari 80 negara di kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Kepulauan Karibia, serta Afrika.

Untuk bersaing baik di pasar domestik dan ekspor, Toyota Indonesia dituntut untuk memiliki dan selalu meningkatkan kualitas global dari produk-produk buatannya. Untuk itu, dalam produksi mobil-mobilnya TMMIN menjalankan kemitraan yang erat dengan pemasok lokal agar dapat bersama-sama tumbuh dan meningkatkan kualitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Sebuah fungsi khusus di TMMIN didedikasikan untuk bekerja sama dengan pemasok, dari transfer keahlian, standar keselamatan, kualitas, efisiensi, hingga logistik. TMMIN juga merangkul pemasok tingkat pertama untuk mentransfer pengetahuan ini ke pemasok mereka sehingga efek domino dapat tercapai. Saat ini, produk-produk TMMIN memiliki kandungan lokal berkisar antara 60%-85% yang didukung oleh 139 pemasok lokal di lapis pertama.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)