Rayakan HUT ke-177, Pegadaian Ingin Going Global

HUT PT Pegadaian (Persero) Ke-117

Di usianya yang ke-117 tahun, PT Pegadaian (Persero) mulai melakukan transformasi perusahaan dalam upaya menjadi financial company melalui strategi G-5Star Generation. Rencananya BUMN ini juga akan melantai di bursa pada 2020 nanti.

Strategi G-5Star ini ditandai dengan peluncuran Pegadaian Digital Service (PDS) untuk memperbesar target pasar hingga ke generasi milenial. Pegadaian Digital Service (PDS) merupakan layanan digital dari Pegadaian dalam bentuk aplikasi yang berbasis web dan mobile. PDS akan melayani nasabah dan calon nasabah yang ingin mendapatkan informasi produk-produk Pegadaian.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Sunarso, mengungkapkan bahwa transformasi perusahaan saat ini sudah memasuki tahap lebih lanjut. "Kami sedang menyiapkan semua prosesnya (4D), dari mulai squad organization dan project management, tahapan desain dan delivere sehingga dapat melantai di bursa pada 2020,” ungkapnya di sela-sela acara puncak HUT Pegadaian ke-117 (1/4/2018). 

Di hari jadinya, Pegadaian meluncurkan PDS dan menggelar aksi sosial Zumba Peduli. Donasi senilai Rp2,7 miliar disumbangkan untuk 59 wilayah di Indonesia berdasarkan banyaknya kalori yang dihasilkan dari 6.000 peserta Zumba Peduli. Sementara itu, sumbangan pembangunan sekolah di Bantar Gebang, Bekasi senilai Rp500 juta. 

Sunarso menjelaskan bahwa tujuanl Pegadaian adalah menciptakan values company dengan strategi G-5Star Generation. Transformasi perusahaan ini diharapkan dapat menumbuhkan bisnis yang ada sekarang (Grow Core), menangkap peluang baru (Grab New), mengembangkan talenta internal (Groom Talent), menciptakan teknologi generasi terkini (Gen-Z Tech), dan membangun budaya yang kuat (Great Culture).

Dengan anggaran belanja modal Rp1,2 triliun, investasi Pegadaian cukup agresif. “Capex (capital expenditure) yang kami sediakan cukup besar karena kami akan going global. Dari mulai mengoperasionalkan Pegadaian Digital Services (PDS) dan agresif mengajak kerja sama agen serta memperluas produk layanan. Nantinya Pegadaian akan memiliki jasa gadai, fidusia dan fintech (financial company),” tambahnya.

Dengan strategi G-5Star Generation, Sunarso optimistis jumlah nasabah yang berusia produktif akan terus meningkat. Direktur Produk PT Pegadaian (Persero), Haryanto Widodo menjelaskan,  untuk memperluas agen Pegadaian dilakukan dengan cara menggandeng badan usaha yang sudah melakukan kerja sama dengan perusahaan itu  dan didukung penggunaan teknologi informasi.

Ia menambahkan, Pegadaian akan terus melakukan digitalisasi business process, meningkatkan kenyamanan layanan di outlet, revitalisasi gudang & logistik, serta pelayanan prima kepada nasabah. Selain itu, menambah produk baru, gadai tanpa bunga dengan besaran pinjaman maksimal Rp500 ribu dengan tenor dua bulan dan ditargetkan satu juta nasabah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!