Realisasi Bongkar Muat TPK Belawan Capai 3 Juta Ton

Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan yang dikelola Pelindo I mencatat arus kunjungan kapal selama Januari hingga Maret tahun 2020 sebanyak 218 call. Kunjungan kapal tersebut meliputi terminal internasional dan domestik.

Sementara itu, bongkar muat barang petikemas selama periode Triwulan I tahun 2020 sebanyak 211.026 boks. Angka ini mengalami kenaikan dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yakni sebanyak 208.843 boks.

General Manager TPK Belawan, Indra Pamulihan, menerangkan, realisasi bongkar muat barang selama periode Triwulan I/2020 sebesar 3.600.256 ton di terminal internasional dan domestik. Angka ini naik sebanyak 0,36% dibandingkan denganperiode yang sama tahun 2019 sebesar 3.473.627 ton,” kata dia.

Selama periode Januari hingga Maret 2020, trafik bongkar muat di TPK Belawan cenderung mengalami peningkatan untuk di terminal domestik, sedangkan untuk terminal internasional sedikit menurun di bulan Februari. Namun, mulai meningkat kembali di bulan Maret.

TPK Belawan memiliki dua terminal yakni terminal A untuk pelayanan internasional dan terminal B untuk pelayanan domestik. Selama triwulan I ini, komoditi unggulan di terminal domestik meliputi alat tulis kantor, bahan makanan, besi, dan tepung.

Sedangkan untuk komoditi impor unggulan meliputi pupuk, chemical, makanan ternak, dan untuk komoditi ekspor unggulan meliputi palm oil, chemical, dan karet. Kinerja operasional TPK Belawan juga mengalami peningkatan, untuk rata-rata produktivitas terminal internasional selama triwulan I tahun 2020 sebesar 51,30 B/S/H (Box/Ship/Hour) dan terminal domestik sebesar 46,97 B/S/H.

“Angka tersebut di atas standar kinerja bongkar muat peti kemas yang ditetapkan Kementerian Perhubungan yakni 32 B/S/H,” katanya menegaskan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)