Realme Meraup Sukses Penjualan di Lazada

 

Second brand Oppo yang diberi merek Realme sukses menjajal pasar Indonesia. Selain Indonesia, merek asal China ini hanya ada di India, untuk pasar Asia. Di Indonesia, berbeda dengan ‘saudara tuanya’, Realme fokus penjualannya di online, tepatnya di Lazada. Tahun depan, Realme akan lebih memperkuat mereknya di pasar ponsel Indonesia dengan tetap fokus menyasar pasar muda.

Menurut Josef Wang, Direktur Pemasaran Realme Asia Tenggara, bisa dibilang Realme menjadi merek ponsel yang berhasil memecahkan rekor penjualan online pertama kali, yang hanya dengan lima kali flash sale terjual lebih dari 80 ribu unit dari tiga variannya dalam waktu beberapa minggu. Menariknya, meski merek ponsel baru,  sudah diganjar rating 4,8 dari skor 5 untuk Realme 2, yang menunjukkan ponsel pintar ini sangat memuaskan.

Untuk diketahui Realme 2 yang dibandrol di bawah Rp 2 juta berhasil terjual 15 ribu hanya dalam waktu 10 menit saja. Sedangkan Realme 2 Pro penjualannya tembus Rp 33 miliar dalam waktu kurang dari 3 menit. “Realme 2 Pro merupakan flagship smartphone untuk anak muda. Sedangkan untuk Realme C1 terjual 10 ribu unit hanya dalam waktu 40 menit pertama saja,” ia menerangkan.

Apa sebenarnya kekuatan Realme sukses di pasar online? Menurut Josef, produk ini menjawab kebutuhan konsumen saat ini. “Realme merupakan hasil marketing insight, mendengarkan feedback konsumen. Dan untuk pengembangannya, tentu kami terus mendengarkan masukan pelanggan serta pihak-pihak lain, juga masukan di Lazada yang tinggi penjualannya. Kami bersyukur komennya positif,” ungkap Josef.

Untuk saat ini, pihaknya tentu harus berhati-hati dengan penantang Realme terutama yang memiliki range harga luas. “Target penjualan tahun ini bahkan beyond expectation. Tentang rencana tahun depan saya belum bisa sampaikan, setidaknya top 3 bisa dicapai. Tapi yang utama kami ingin bisa menjawab kebutuhan pelanggan lebih maksimal di tahun depan. Untuk diketahui penjualan Realme di flashsale pertama di Lazada saja mencapai 15 ribu unit,” jelasnya.

Tentang rencana membuat pabrik di sini, pihaknya belum ada, karena saat ini mengingat masih ‘saudara’ dengan Oppo maka masih menggunakan line produknya Oppo. “Optimalisasi pabrik Oppo di Tangerang dulu. Dan fokus kami adalah menjaga kualitas,” tegasnya.

Josep melanjutkan, Realme saat ini baru dijual di Indonesia dan India. Di India, Realme juga meraih sambutan bagus, berada di empat besar merek pilihan utama di sana. Akhir tahun ini Realme sudah mulai dikenalkan di pasar Thailand, Malaysia dan Vietnam, namun produknya belum diluncurkan di tiga negara tersebut. Rencananya bulan Desember akan diluncurkan di Thailand dan Malaysia dulu.

Realme 2 Pro hadir dalam tiga pilihan memori: 4 GB RAM + 64 GB ROM, 6 GB RAM + 64 GB, dan opsi penyimpanan 8 GB RAM + 128 GB. Baterai ponsel 3500mAh pada Realme 2 Pro memiliki fitur AI Sleep Mode yang cerdas dapat mengetahui pola penggunaan smartphone dan mematikan aplikasi yang berjalan di background sehingga Realme 2 Pro dapat digunakan selama satu hari penuh. Smartphone ini memiliki layar Dewdrop notch 6.3 inci beresolusi FHD+ dengan aspek rasio 19,5: 9 dan rasio screen-to-body mencapai 90,8 persen. Desain Realme 2 Pro terinspirasi oleh desain alam yang dinamakan desain 'Dewdrop' yang menghadirkan kedalaman, transparansi dan detil yang tinggi.

Realme 2 Pro mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 660AIE yang memiliki performa tinggi dan konsumsi daya rendah, GPU Adreno 512, dan hub sensor Qualcomm All-Ways Aware ™ dan HVX, serta mesin AI bawaan memberikan pengalaman AI yang nyata. Realme 2 Pro menggunakan sistem operasi Color OS 8.1 berbasis Android 8.1 5.2 AI yang hadir dengan fitur dasar yang lebih baik serta dioptimalkan untuk memfasilitasi penggunaan sehari-hari.

Realme 2 Pro hadir dengan konfigurasi kamera belakang ganda 16MP yang dilengkapi dengan sensor Sony IMX398 dengan fokus ganda, aperture F1.7 dan lensa 6P sedangkan kamera sekunder bertugas mengukur jarak spasial objek yang difoto dalam mode portrait. Realme 2 Pro hadir dengan kamera depan 16MP dan aperture sebesar F2.0 yang mampu menangkap lebih banyak cahaya, memastikan foto selfie yang lebih khas; Realme 2 Pro menghadirkan fitur baru AI beauty 2.0 yang secara tepat mengenali 296 titik identifikasi wajah dan menawarkan 8 juta pilihan efekbeautification beautification ang dapat dipersonalisasikan. Dijual mulai dari Rp 2.899.000, Realme 2 Pro adalah smartphone dengan prosesor Snapdragon 660 paling terjangkau di dunia.

Sedangkan Realme C1 adalah salah satu produk yang disiapkan oleh Realme untuk menetapkan standar baru, mendefinisikan kembali smartphone entry level di Indonesia. Layar besar berukuran 15.8 cm (6.2 inci) dengan notch atau poni, Baterai besar dengan kapasitas 4230 mAH dan kamera utama ganda.

Pada Hari Belanja Online Nasional pada 11.11 (11 Nivember) nanti, Realme juga akan mengadakan program khusus di Lazada, yaitu diskon vocer belanja. Vocer diskon akan tersedia selama Lazada Wonderland dari 1 - 11 November dan vocer diskon dapat digunakan pada 11.11 untuk setiap produk Realme. Untuk meningkatkan awareness produknya Realme memaksimalkan akun-akun media sosialnya mengadakan program menarik seperti hadiah voucher belanja dan ponsel Realme juga.

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)