Resmi Jabat Menteri Perdagangan, Ini Rekam Jejak Zulkifli Hasan

Menteri Perdagangan  Zulkifli Hasan (Foto: Advenia E/inews.id).
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Foto: Advenia E/inews.id).

Presiden Joko Widodo alias Jokowi memutuskan menempatkan Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) melalui reshuffle kabinet, Rabu, 15 Juni 2022. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menggantikan Muhammad Luthfi yang telah menjabat sejak Desember 2020. 

"Demi Allah SWT saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi saat mengambil sumpah jabatan kelima pejabat yang dilantik, Rabu, 15 Juni 2022. 

Zulkifli Hasan sebelumnya menjabat sebagai ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa periode pertama kepresidenan Jokowi, Oktober 2014 sampai Oktober 2019. Ia juga pernah menduduki posisi Menteri Kementerian Kehutanan Republik Indonesia pada 2009 sampai 2014.

Sebelum berkecimpung di dunia politik, dia sempat menjabat sebagai komisaris utama PT. Panamas Mitra Inti Lestari pada 2004 sampai 2006. Zulhas--begitu ia akrab disapa--mengawali karier politiknya sebagai anggota DPR RI pada 2024. Ia terpilih dari wilayah pemilihan Lampung. Kemudian, Zulhas menjabat sebagai ketua umum di partai berlambang matahari itu. 

Zulhas kini sudah berusia 59 tahun. Ia lahir di Lampung, 31 Agustus 1962. Dilansir dari laman Dpr.go.id, Zulhas merupakan lulusan SMAN 53 Jakarta angkatan 1979 dan sarjana Ekonomi dari Universitas Krisnadwipayana lulusan 2001. Dia menyelesaikan studi magister manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen PPM pada 2003.

Ia sempat aktif di berbagai organisasi seperti departemen logistik DPP PAN, Lembaga Buruh Tani dan Nelayan DPW Muhammadiyah DKI, dan Komite Tetap Pemberdayaan KADINDA DPP Kadin Indonesia. Zulhas juga merupakan besan dari Amien Rais.

Putrinya, Futri Zulya Savitri, menikah dengan putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais pada 2019. Anaknya yang lain, Zita Anjani, kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.  

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah memanggil Zulkifli Hasan ke Istana Negara. Ia berbincang dengan Jokowi sejak magrib saat isu reshuffle bergulir.  

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)