Resto Tenda Ala Korea Akan Buka 50 Gerai

Suasana resto Pochajjang All You Can Eat Korean Barbeque

Budaya Korea yang sedang tren saat ini membuka banyak peluang bisnis, termasuk di bisnis restoran. Hanya saja, kebanyakan resto Korea dengan konsep all you can eat Korean Barbaque harga per paketnya saat ini cenderung mahal. Peluang ini diangkap Grup Kulo yang selama ini telah berhasil mengembangkan puluhan kedai kopi di berbagai wilayah di Indonesia.

Mengambil nama Pochajjang,all you can eat Korean BBQ, Kulo membuka resto tenda ala Korea pertama di Jakarta. “Pochajjang (baca: Pocha Cang) diambil dari bahasa Korea. Pocha berarti tenda dan jjang artinya terbaik,” ujar Michael Bunyamin, Partner Grup Kulo saat peresmian resto ini di Jalan Gandaria 1 (21/03/2019).

Ia menjelaskan, misi grup bisnis ini mengembangkan resto dengan konsep tenda ini adalah menghadirkan konsep food and beverage yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia dan menarik untuk peluang waralaba. “Setelah sukses dengan usaha minuman; Kedai Kopi Kulo, kami mempelajari tren kuliner yang bisa kami adaptasi dan cocok di lidah masyarakat Indonesia. Pochajjang lahir karena kuliner Korea sudah akrab di lidah masyarakat dan memberikan pilihan restoran Korean barbeque lebih terjangkau dengan rasa lezat,” jelasnya.

Di resto ini menawarkan dua pilihan menu Rp 99 ribu untuk pilihan premium beef, serta Rp 129.900 untuk pilihan wagyu beef. Michael menambahkan, masing-masing pilihan ditemani dengan banchan (menu pendamping) yang terdiri dari Japchae, Pajeon dan Karaage. Pochajjang menyajikan potongan daging woo samgyup (beef belly) tipis karena tekstur potongan daging ini lembut dan juicy.

Tersedia 4 varian rasa daging yang sudah dimarinasi yaitu Bulgogi, Spicy Bulgogi, Honey Soy dan Black pepper dan satu pilihan daging ayam dengan rasa barbeque. Untuk daging wagyu tersedia dalam rasa original dan Bulgogi. “Semua menu ini diracik oleh Chef Korea, untuk memastikan Pochajjang menghadirkan cita rasa kuliner Korean barbeque, cita rasa otentik, yang tentunya disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia,” terangnya.

Menariknya, ketika masuk resto ini, seperti layaknya resto tenda di Korea sana dalam hal interior. “Interior dari Pochajjang dibalut dengan nuansa Korean street dan elemen kedai barbeque juga ditonjolkan dengan desain dan cover tenda berwarna oranye seperti di Korea bagi mereka yang bersantap di daerah outdoor dan nuansa underground bagi mereka yang bersantap di lantai bawah,” ujarnya.

Saat tamu memasuki restoran, mereka akan dipersilakan untuk mencicipi Banchan yang terdiri dari Japchae, Pajeon dan Karaage. Selada, kimchi dan bawang putih serta saus ssamjang, minyak wijen, dan lada garam juga akan menemani santap mereka saat memanggang daging sapi dan ayam pilihan mereka. Khusus bagi penikmat paket Wagyu, pelayan akan menghidangkan daging wagyu pilihan rasa original dan Bulgogi, sesuai dengan keinginan tamu. Pilihan nasi putih, nasi goreng bawang putih dan dua minuman (Nestle Blackcurrant dan Lemon tea) juga tersedia.

Dikatakan Michael, seperti halnya Kedai Kopi Kulo, Pochajjang pun akan dikembangkan dengan sistem waralaba. Beruntung sudah ada 50 peminat franchisee yang bersedia mendukung pengembangan Pochajjang bahkan sampai ke Sumatera tahun ini. “Peminatnya yang sudah pengalaman bermitra dengan kami di Kedai Kopi Kulo, jadi tahapannya lebih simpel untuk menjadi franchisee kami, karena sudah kenal,” ungkapnya tanpa mau menyebut nilai investasi per gerainya. “Jika ada tertarik ajukan saja, nanti kami email detail harga franchise-nya,” ujarnya mengelak.  

Michael berpandangan, Pochajjang adalah bukti nyata bahwa pelaku ekonomi kreatif di bidang kuliner mampu mengadaptasi dan melokalisasi kuliner luar negeri untuk dinikmati oleh masyarakat Indonesia. “Kami berharap Pochajjang akan diterima dengan baik dan terus berkembang hingga ke seluruh pelosok Indonesia karena rasanya yang nikmat dan harganya yang terjangkau,”tutur Michael.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)