Management Trends

Rinso Ajak Masyarakat Jadi #GenerasiPilahPlastik

Rinso Ajak Masyarakat Jadi #GenerasiPilahPlastik

Rinso, brand dari PT Unilever Indonesia, Tbk., menggandeng Anteraja untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli lingkungan dan bijak menangai kemasan yang digunakan, terutama plastik. Melalui kerjasama lewat #GenerasiPilahPlastik, pihaknya memfasilitasi masyarakat untuk mengirimkan sampah yang sudah mereka pilah ke Bank Sampah tanpa adanya pungutan biaya.

Erfan Hidayat, Head of Fabric Care Unilever Indonesia mengajak masyarakat menjadi GenerasiPilahPlastik dengan melakukan pilah sampah dari rumah guna memberikan manfaat bagi diri sendiri, masyarakat maupun lingkungan.

Pasalnya berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, seiring jumlah sampah nasional yang terus meningkat (68,5 juta ton per 2021) , pemerintah menetapkan target kapasitas pengelolaan sampah 100% hingga 2025 melalui sejumlah langkah strategis, seperti: (1) Mengurangi sampah plastik yang terbuang ke laut hingga 70%, (2) Menurunkan indeks ketidak pedulian terhadap persoalan sampah, (3) Meningkatkan kesadaran masyarakat memilah sampah hingga 50%, dan (4) Meningkatkan recycling rate menjadi 50%.

Hana Nur Auliana, Head of Communication and Engagement Waste4Change mengatakan Indonesia masih dalam tahap membangun sistem ataupun teknologi persampahan yang ideal. Pasalnya hingga saat ini penanganan sampah masih menggunakan cara konvensional yaitu kumpul-angkut-buang dengan kondisi sampah tercampur. Dengan tingkat kesadaran masyarakat memilah sampah yang juga masih terbilang masih rendah, dimana 81% sampah di Indonesia masih berakhir dalam keadaan belum terpilah ,.

Terkait kolaborasi ini, Leonardus Ramba, Head of Marketing Anteraja menyampaikan, Di tengah pandemi yang penuh keterbatasan, perusahaan ingin mempermudah masyarakat untuk turut berperan menjadi bagian dari #GenerasiPilahPlastik. Sayangi lingkungan, tanpa repot keluar rumah.

Adapun kemudahan yang akan didapatkan konsumen adalah gratis ongkos kirim; Satria (kurir) akan melakukan penjemputan tanpa syarat untuk Paket Recycle (plastic waste), kemudian paket akan dijemput dan diantar ke Bank Sampah, tanpa minimum jumlah paket. Program jemput sampah gratis yang mencakup 10 provinsi (Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara) ini akan berlangsung selama Maret hingga akhir Mei 2022.

Selain konsisten mengedukasi dan mengajak masyarakat mengelola sampah plastik, Rinso juga telah melakukan berbagai terobosan untuk lebih bijak plastik. Di antaranya adalah: Less plastic: Mengurangi penggunaan plastik hingga 17% selama 2018-2021; Better plastic: Menggunakan kemasan botol 100% plastik hasil daur ulang dan dapat didaur ulang serta meluncurkan kemasan pouch hasil daur ulang pertama di Indonesia; hingga No plastic: Menginisiasi penjualan Rinso dengan sistem refill di Saruga Bintaro sejak 2020 dan Qyos di Apartemen Kalibata City dan Pasar Modern BSD. Rinso juga telah menggunakan bahan pembersih yang berasal dari alam.

“Kami berharap upaya ini bisa diterima dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, dengan memulai langkah kecil pilah sampah dari rumah, kita akan bisa menyediakan lingkungan yang bersih dan lestari untuk anak-anak Indonesia. Yuk tunggu apa lagi, mari bergabung bersama Rinso dan Anteraja untuk jadi #GenerasiPilahPlastik dan bersama kita wujudkan Indonesia yang lebih bersih dan lestari,” ujar Erfan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved