Ritase Tawarkan Solusi Logistik Manajemen Online

Iman Kusnadi CEO dan founder ritase.com (kiri) disela-sela "Launching Ritase.com dan Talkshow Digitalizing Logistic & Transportation Industry.

 

 

Berbagai masalah sering kali muncul dalam pengiriman barang, mulai dari keterlambatan, keterbatasan dalam penyediaan armada angkutan, maupun persoalan lain mulai dari masalah teknis, kesepakatan, hingga sistem pembayaran. Mencermati hal tersebut di atas, Iman Kusnadi, CEO dan Founder ritase.com, menghadirkan ritase.com sebagai solusi logistik manajemen pengiriman barang yang praktis, terintegrasi, dan transparan.

Iman menambahkan, ritase.com merupakan platform digital layanan manajemen transportasi berbasis mobile dan desktop. Platform ini menghubungkan pengirim barang (shipper) dengan pengantar barang (transporter) secara langsung (realtime).

Platform ritase.com dilengkapi berbagai pilihan fitur koneksi API yang bisa menyesuaikan dengan sistem penggunanya. Pilihan fitur open/closed environment membuat ritase.com bisa digunakan oleh perusahaan dan jasa broker transportasi yang sudah memiliki OTMS (Online Tracking and Management System) sebagai sistem manajemen vendor mereka.

Fitur lain yang ditawarkan platform ini adalah Laporan Inteligensi Bisnis, yang menampilkan laporan bisnis secara otomatis mengenai order pengiriman - mulai dari volume, armada yang dibutuhkan, persebaran order, jumlah pembayaran hingga perhitungan komersial dari sebuah proyek pengiriman barang.

Laporan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan individual perusahaaan dan bisa langsung digunakan untuk laporan manajemen. "Hal ini sangat membantu untuk meminimalkan bahkan mencegah terjadinya kesalahan dalam laporan akibat human error," kata Iman.

Melalui ritase.com para pemilik armada truk (transporter) bisa mengoptimalkan kapasitas kendaraan yang dimiliki untuk melakukan pengiriman barang dengan sistem yang jelas, kesepakatan yang transparan, serta berbagai kemudahan hal teknis lainnya. Platform ini juga menyediakan pembiayaan invoice dalam waktu lebih cepat dengan bukti pengiriman digital tanpa perlu menunggu terms of payment selama berbulan-bulan.

Keuntungan lain bagi pemilik armada adalah laporan detail mengenai ID order, FTL, Dimensi, Berat, hingga estimasi waktu bisa dilihat di fitur Trip Management. Hal ini memudahkan pemilik armada untuk melakukan manajemen perjalanan yang lebih optimal.

Bagi pihak pengirim barang (shipper), platform Ritase berguna untuk mengetahui status keberadaan barang, estimasi kedatangan barang, hingga informasi detail seluruh proses pengiriman. Melalui fitur Load Planning pengguna bisa mengatur jadwal pengiriman sesuai dengan dimensi dan berat barang. Menggunakan fitur Live Tracking dan Order Status, pihak pengirim barang mendapatkan kepastian mengenai status terakhir dari barang yang dikirim.

Para penghubung konvensional antara shipper dan transporter seperti perusahaan “third/fourth-party logistics (3PL/4PL)” dapat menggunakan platform ini untuk melakukan manajemen transporter. Jika saat ini masih harus melakukan “booking” dan “tracing” manual ke masing-masing “sub-transporter”, maka 3PL/4PL bisa melakukan order kendaraan melalui web-based sistem.

Diakui Iman hingga awal 2017, Ritase telah berhasil mengajak sejumlah pengusaha truk bergabung di platform ini dengan total armada sebanyak 5.500 truk dengan sekitar 6.000-an pengemudi truk.

Sejak diperkenalkan beberapa tahun lalu, Ritase telah mendapatkan sejumlah klien besar, umumnya berasal dari industri fast moving consumer goods atau FMCG, seperti Kraft Heinz ABC, Gunung Sewu dan Lotte Grosir.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!