Ritel Lesu, Matahari Tetap Ekspansi

Setelah menutup dua gerainya di Blok M dan Manggarai, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) mengklaim tetap akan menggurita.

Direktur Pemasaran, Merchandising, dan Operasional Toko PT Matahari Department Store, Christian Kurnia, mengatakan, Matahari akan tetap ekspansi dengan membuka gerai-gerai baru. Pada tahun, telah membuka empat gerai baru. Sampai akhir tahun, total rencananya akan ada 8 toko baru.

Meskipun saat ini ritel sedang lesu, Matahari mengklaim hal itu tidak mengendurkan semangat ekspansi Matahari. Musababnya dalam jangka panjang, bisnis tersebut masih menguntungkan. "Jumlah toko Matahari yang ada di Indonesia hanya berjumlah 155. Sedangkan menurut perhitungan analis, Matahari mampu mendirikan sekitar 400 gerai," ungkap dia.

Di Indonesia, dibandingkan negara Asia Tenggara, ia mengatakan kesempatan toko ritel berkembang masih besar. Jumlah department store di Indonesia masih kalah dibanding negara-negara Asia Tenggara. "Daerah luar Jawa masih banyak kota yang bertumbuh," ungkapnya.

Matahari, kata, dia saat ini baru hadir di 71 kota. Banyak kota yang masih berpotensial untuk dijajaki. Namun karena keterbatasan infrastruktur, Christian mengungkapkan hal itu belum terealisasi. "Tapi begitu kota-kota itu berkembang itu sangat mungkin," ungkapnya.

 

Berkolaborasi Dengan Disney

Sebagai usahanya untuk menarik pengunjung ke gerai,  Matahari menggandeng The Walt Disney Company South Asia, untuk memasarkan produk-produk Disney di seluruh gerai Matahari. Selain memasarkan produk, Matahari juga menata ulang sejumlah gerai dengan segala pernak-pernik Disney. "Di Matahari Karawaci misalnya, itu didekorasi seperti toko Disney. Ada produk, patung karakter Disney, ada juga bagian pemutaran film Disney dan kegiatan yang lain," ujar Christian.

Kerja sama ini, menurut Christian, akan berlangsung berlaku selama 4 tahun. Dalam kerja sama tersebut, Matahari bisa mengajukan desain-desain sesuai dengan permintaan pasar berdasarkan survei atau riset kecil.

Selanjutnya, Disney akan menyetujui desain tersebut dan ditindaklanjuti dengan pemasaran melalui gerai Matahari."Dengan kolaborasi bersama Disney, kami ingin tunjukkan Matahari menyediakan produk Disney yang pasti memberikan keaslian dan baik," ucap Christian.

Herry Salim, Country Manager The Walt Disney Company Indonesia, menyampaikan, pihaknya akan membawa beragam produk eksklusif ke seluruh gerai. Dalam kerja sama ini, Disney akan menghadirkan produk-produk seperti pakaian, mainan, dan aksesoris bertema karakter-karakter favorit seperti Disney, Marvel, dan Star Wars. "Produk yang diperuntukan bagi seluruh usia ini hanya akan tersedia ekslusif di gerai milik Matahari," dia menegaskan.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)