Rivan Purwantono: Dengan Digitalisasi & Kolaborasi Bisnis, Jasa Raharja Bukukan Laba 1,6 T pada  2021 

Rivan A Purwantono, Direktur Utama
PT Jasa Raharja (Foto-foto: Jasa Raharja)

PT Jasa Raharja berhasil  menorehkan capaian kinerja positif pada 2021. Menurut Rivan A Purwantono, Direktur Utama PT Jasa Raharja, “Transformasi digital dan efisiensi yang sejalan dengan arah kebijakan Kementerian BUMN menjadi strategi utama Jasa Raharja untuk mencapai kinerja positif dengan tetap meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat”.

Pos pendapatan menjadi penyumbang terbesar kinerja positif Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyelenggara program sosial perlindungan dasar kecelakaan penumpang dan lalu lintas jalan itu pada 2021. Pada tahun itu, pos pendapatan naik sebesar 4.58% dibandingkan periode 2020. Program intensifikasi pendapatan bersama mitra kerja dan pengembangan Aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) serta pengelolaan investasi yang aman menjadi faktor utama penyumbang peningkatan pendapatan.

Lebih lanjut Rivan memaparkan, transformasi digital bersama mitra kerja melalui pengembangan Aplikasi SIGNAL diharapkan akan menjadi Bank Data. Selain itu, digitalisasi Road Tax dapat menjadi salah satu alat Electronic Vehicle Identification yang memungkinkan terbangunnya Modern Road Payment System pada seluruh transaksi di jalan.

Sebagai perusahaan plat merah dengan misi sosial dapa terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sebagai gambaran, pada  2021 Jasa Raharja menyerahkan santunan total sebesar Rp 2,41 triliun, naik 3,2% dibandingkan pada 2020.

Kenaikan penyerahan dana santunan ini diikuti dengan peningkatan kualitas layanan. Santunan korban meninggal dunia,  misalnya, rata-rata diselesaikan dalam waktu 1 hari 10 jam. Lebih cepat 4 jam dari tahun 2020. Selain itu, waktu proses untuk penyelesaian pengajuan santunan rata-rata dapat mencapai 14 menit.

Jasa Raharja memperoleh IRSMS (Integrated Road Safety Management System) Award dari Korlantas Polri (Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia).  Penghargaan diberikan Kepala Korlantas Polri, Irjen. Pol. Drs. Firman Shantyabudi, M.Si. kepada Rivan A Purwantono, Direktur Utama PT Jasa Raharja.

Transformasi digital juga dilakukan melalui pengembangan aplikasi JRKu dan Sistem Verifikasi Rawatan (Sivera) serta integrasi sistem pelayanan santunan dengan Korlantas Polri, Sistem Kependudukan dan catatan sipil, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit dan Perbankan. 

Capaian kinerja positif ini tentunya bisa menjadi angin segar bagi masyarakat. Sebab kinerja positif ini juga dapat dilihat sebagai adanya jaminan kemampuan Negara dalam memberikan perlindungan kepada warganya dalam beraktivitas dijalan raya dan di bidang transportasi.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)