Roadshow Seminar Membangun Kemitraan Berkelanjutan Dimulai dari Kaltim

Pembukaan roadshow Seminar Membangun Kemitraan Berkelanjutan di Kaltim

PTTEP Indonesia dan Universitas Trisakti, Program Pascasarjana MM-Sustainability tahun 2019 mengadakan serangkaian acara Seminar Nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). 

Seminar pertama tahun 2019 diadakan di Balikpapan (13/3/2019) dibuka oleh Hadi Mulyadi, Wakil Gubernur Kalimantan Timur. “SDG’s penting untuk menjadi sasaran pembangunan kita. Pemerintah telah bekerja keras untuk memastikan pembangunan agar terus berkelanjutan dan memiliki multiplier effect. Tidak mungkin pembangunan bisa terealisasi tanpa dukungan semua pihak, seluruh stakeholders harus bekerja sama untuk membangun iklim positif.” ujarnya dalam sambutan seperti disampaikan di berita pers.

Acara kali ini juga dihadiri oleh Rizal Effendi selaku Walikota Balikpapan sebagai Panel Speaker yang membagikan ilmu dan pengalamannya terkait Green Energy dan Pembangunan Berkelanjutan kepada peserta di sesi pertama. Seminar ini kembali menyatukan akademisi, LSM dan sektor publik dan swasta untuk bersama-sama menciptakan kolaborasi dan front persatuan untuk mencapai SDGs di Indonesia.

Seminar ini adalah lanjutan dari serangkaian seminar di tahun 2018 yang sebelumnya diadakan di 5 kota yaitu: Jakarta, Makassar, Palembang, Medan dan Surabaya.

Selain seminar, diadakan juga lokakarya pada tanggal 14 dan 15 Maret 2019 yang bertujuan untuk melatih LSM lokal tentang bagaimana cara terlibat secara profesional dan efektif dalam bermitra dengan sektor swasta dan pemerintah. Lokakarya ini akan dipimpin oleh instruktur dari Universitas Trisakti MM-Sustainablity.

General Affairs Manager PTTEP Indonesia, Afiat Djajanegara, mengatakan, melihat antusiasme peserta seminar dan lokarya di lima kota di seluruh Indonesia, pihaknya memutuskan untuk melanjutkan acara ini di empat kota lainnya di tahun 2019.

Lebih lanjut Dr. Maria Nindita Radyati menambahkan, inisiatif untuk mengajak masyarakat mendalami ilmu keberlanjutan sangatlah penting dan pihaknya berharap dapat merangkul lebih banyak pemangku kepentingan sehingga terciptanya kemitraan yang berkelanjutan di acara tahun ini. “Dengan inisatif ini kami bersama-sama dapat menciptakan dampak positif untuk pembangunan yang berkelanjutan,” ujar Maria.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)