RRI BUMN Award 2019 Mengapresiasi Kinerja BUMN Jempolan

Badan Usaha Milik Negara adalah perpanjangan tangan negara di sektor bisnis. Sebagai reprsentasi negara, BUMN memilki tanggungjawab membantu pemerintah mewujudkan cita-cita luhur berdirinya negara, yaitu mensejahterakan rakyatnya. Karena itu, dalam menjalankan bisnisnya, BUMN tidak hanya berorientasi mencari keuntungan tetapi juga mendistribusikan kesejahteraan kepada seluruh warga negara Indonesia.

Sudah banyak bukti betapa besarnya kontribusi BUMN dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Pembangunan infrastruktur yang kini sedang digalakan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo adalah salah satu contoh nyata. Tanpa sinerigi BUMN, infrastruktur sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi tak akan dibangun dengan cepat.

Tetapi, BUMN juga adalah sebuah korporasi yang secara alamiah berdiri dengan tujuan mencari profit atau keuntungan. Dalam upaya mencari profit ini, BUMN bersaing sekaligus bersinergi dengan sesama BUMN. BUMN juga bersaing dengan perusahan swasta dalam satu sektor yang sama.

Dua peran vital BUMN ini mesti dijaga keseimbangannya. “Karena itulah aspek-aspek seperti penguasaan pasar atau market domination, brand awareness, customer satisfaction dan social economy contribution adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kelangsungan sebuah perusahaan BUMN, baik sebagai perwakilan pemerintah di sektor bisnis maupun sebagai korporasi yang bertujuan mencari keuntungan,” ujar Research Director Iconomics, Alex Mulya di Auditorium RRI saat malam apresiasi RRI BUMN Award 2019 di Jakarta (27/9/2019).

Selama ini, sejumlah BUMN sudah menjalankan dengan baik fungsi dan perannya baik sebagai perwakilan negara di sektor bisnis maupun sebagai korporasi yang mencari keuntungan. BUMN-BUMN yang sudah menjalankan tugas dan peran dengan baik itu layak diberikan apresiasi agar kinerjanya terus terpacu dan menginsipirasi BUMN lainnya.

RRI dan Iconomics Research memberikan apresiasi kepada perusahaan BUMN. Apresiasi ini diberikan dengan mempertimbangkan empat kategori. Pertama, market domination yaitu penghargaan kepada BUMN yang berhasil menjadi market leader di tengah persaingan yang ketat di industri yang menjadi core bisnisnya.

Kedua, brand awareness dan brand image yaitu apresiasi kepada BUMN yang berhasil menjaga citra dan reputasi perusahaan di tengah persaingan usaha yang ketat. Ketiga, customer service quality yaitu apresiasi kepada BUMN yang berhasil memberikan pelayanan yang baik kepada customer baik secara offline maupun online. Keempat, social economy contribution, yaitu apresiasi kepada BUMN yang memberikan kontribusi sosial ekonomi yang besar kepada masyarakat

Penilaian terhadap empat kategori tersebut dilakukan melalui beberapa metode. Pertama, Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan para pakar untuk mengetahui penilaian mereka terhadap BUMN. Kedua, survei di 10 kota dengan jumlah responden 10.000 lebih. Responden dalam sigi ini adalah para milenial yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelompok usia yaitu early millennial, mid millennial dan late millennial. Kedua, kelompok milenial berdasarkan pengasilan yaitu low income, mid income dan high income.

BUMN yang masuk dalam jajaran RRI BUMN Award 2019 dengan kategori Gold antara lain: PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara (Persero) III, Perum Perhutani, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan lainnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)