RS Premier Bintaro dan Jatinegara Siap Tangani Pasien CTEV

Kelainan bawaan di kaki anak yang paling sering ditemukan adalah CTEV (congenital talipes equinovarus)  atau clubfoot di mana telapak kaki menghadap ke dalam dan ke bawah menyerupai stick golf (Golf Head Club). Apabila tidak ditangani secara tepat, maka pasien dengan CTEV akan mengalami kesulitan dalam berjalan dan pada akhirnya akan mengakibatkan penurunan produktivitas dan kualitas hidup yang signifikan.

“Saat ini yang diterima di hampir seluruh dunia untuk mengatasi CTEV adalah dengan memakai metoda Ponseti yang diakui oleh WHO memiliki angka keberhasilan hingga 98% apabila dikerjakan oleh tenaga ahli yang terampil dan sedini mungkin,” ujar Dokter Spesialis Ortopedi Anak, dr Aryadi Kurniawan, SpOT(K) dari RS Premier Jatinegara, Jakarta Timur saat media gathering.

RS Premier Bintaro

Metode tersebut dapat dilakukan di RS Premier Jatinegara dengan dukungan fasilitas yang memadai untuk tindakan tersebut. Layanan ortopedi anak merupakan salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh rumah sakit yang telah berdiri sejak tahun 1989 tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, dr Harmantya dari RS Premier Bintaro, mengupas tuntas mengenai pembedahan Minimal Invasif Surgery untuk masalah tulang belakang. Menurutnya, seiring kemajuan teknologi, untuk menangani permasalahan tulang belakang, telah dikenal teknik pembedahan minimal invasive spine surgery (MISS). Dengan cara ini, pembedahan dapat dilakukan tanpa harus membuka jaringan otot.

Di RS Premier Bintaro, teknik pembedahan ini sudah dilakukan sejak tahun 2001. Teknik MISS digunakan untuk operasi tulang belakang yang patah. Operasi ini menggunakan jarum-jarum khusus yang dimasukkan ke dalam tulang. Setelah itu, tulang yang patah di semen. Seiring dengan perkembangan zaman, digunakanlah alat endoskopik yang bernama teratoscopic spine surgery.

Secara umum, tingkat keberhasilan MISS bisa mencapai angka 90-98%. Demikian pula jika dilihat dari segi keamanan operasi yang terbilang cukup aman karena tidak dilakukan pembukaan otot-otot tulang belakang.

Teknik yang terbaru untuk operasi pembedahan minimal invasive spine surgery atau MISS adalah teknik Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD), yaitu tindakan minimal invasive dengan manusukkan jarum ke kulit yang ditujukan ke disc, kemudian diberikan energi dari laser. Hasilnya disc akan mengecil atau mengerut sehingga jepitan pada syaraf dapat terbebas. Tindakan PLDD terbilang sangat aman karena tidak memerlukan pembiusan total melainkan hanya pembiusan lokal ditempat jarum ditusukkan. Teknik ini menggunakan teknik c-arm flouroskopi yang aman dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

RS Premier Jatinegara dan RS Premier Bintaro yang tergabung dalam Ramsay Health Care Indonesia merupakan bagian dari Ramsay Health Care Group Australi ,group RS swasta terbesar yang memiliki lebih dari 200 rumah sakit diberbagai penjru dunia. Ramsay Health Care Indonesia merupakan group RS dimana semua RS yang tergabung didalamnya telah memperoleh akreditasi internasional JCI, sebuah badan akreditasi rumah sakit dunia yang berpusat di Amerika Serikat. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)