RSUD Tarakan Gunakan Teknologi Telehealth Kurangi Risiko Terpapar Covid-19

RSUD Tarakan, Jakarta Pusat (foto: Ist)

Pemerintah kembali melaporkan jumlah kasus positif Covid-19 di Tanah Air. Hingga Kamis 19 November 2020 tercatat kasus positif virus Corona bertambah 4.798 kasus. Di wilayah DKI Jakarta sendiri per 19 November 2020 tercatat penambahan 1.185 kasus baru.

Sementara berdasarkan data di laman corona.jakarta.go.id yang diperbarui 12 November 2020, terdapat 20 RW berstatus zona merah di DKI Jakarta. Jumlah ini bertambah jika dibandingkan data per 5 November 2020 (19 RW zona merah). RW berstatus zona merah adalah RW yang memiliki tingkat risiko tinggi penularan Covid-19.

Masih tingginya angka pertambahan kasus baru Covid-19 ini mendorong Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan Jakarta untuk mengimplementasikan Telehealth. Dengan teknologi inovatif ini, rumah sakit dan dokter spesialis dapat tetap memberikan layanan kesehatan berupa  konsultasi pasien poliklinik non-Covid, dan bisa mengurangi risiko terpapar COVID-19 ketika berkunjung ke rumah sakit, sekaligus memperluas layanan bagi lebih banyak pasien dengan aman.

Drg. Dian Ekowati, MARS, Direktur RSUD Tarakan Jakarta mengatakan, terjadi peningkatan jumlah pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan akut di rumah sakit maupun di unit perawatan intensif (ICU) dan pasien konfirmasi positif tanpa gejala. Penerapan layanan Telehealth dapat menjadi pilihan yang lebih aman bagi pasien dengan mengurangi potensi terpapar virus. Pada saat yang sama, teknologi ini juga dapat mengurangi tekanan pada sistem perawatan kesehatan dengan meminimalkan lonjakan jumlah pasien di fasilitas rumah sakit, sekaligus mengurangi penggunaan alat pelindung diri (APD) oleh tenaga kesehatan.

“Bekerja sama dengan Telkomtelstra, kami memastikan komunitas di RSUD Tarakan Jakarta terus memiliki akses ke layanan kesehatan sembari mempraktikkan social distancing guna memutus rantai penyebaran COVID-19,” kata Dian.

“Dengan solusi Telehealth, rumah sakit dapat memberikan jawaban atas pertanyaan pasien dan mendiskusikan masalah secara real time dari jarak jauh, seperti pada kunjungan rumah sakit biasa, tetapi dari kenyamanan rumah pasien,” ujar Dian.

Telkomtelstra bekerja sama dengan Ipscape, Oracle dan SME, menyediakan solusi teknologi inovatif yakni Cloud Contact Center dan Digital Customer Engagement guna mengimplementasikan Telehealth di RSUDTarakan Jakarta.

Solusi teknologi Cloud Contact Center dan Digital Customer Engagement dapat membantu pasien yang terinfeksi atau dicurigai terpapar virus COVID-19 untuk dimonitor dan dinilai secara remote (jarak jauh) oleh RSUD Tarakan Jakarta terkait kondisi kesehatannya serta rekam medis penyakit yang sudah ada sebelumnya. Solusi ini diberikan untuk poliklinik dengan risiko COVID-19 yang tinggi dan penyakit komorbid, yakni untuk dokter spesialis paru, spesialis THT, spesialis penyakit dalam, spesialis jantung dan spesialis syaraf.

Berbekal kedua teknologi tersebut, rumah sakit dapat mengidentifikasi penyakit dan memberikan perawatan yang tepat serta mengurangi interaksi fisik antara petugas medis dan pasien. Sebagai sarana untuk bisa melindungi petugas medis dari risiko virus COVID-19, teknologi ini juga secara transparan menyimpan segala rekam medis sebagai bentuk interaksi pasien dan dokter dalam bentuk digital.

“Kami mendukung RSUD Tarakan Jakarta dalam memberikan solusi Telehealth yang bertujuan untuk mencegah kunjungan fisik pasien yang tidak kritis ke rumah sakit,” kata Agus F Abdillah, Chief Customer Officer Telkomtelstra.

Solusi Cloud Contact Center memungkinkan rumah sakit untuk melakukan panggilan keluar jarak jauh kepada pasien yang mendaftar melalui situs rumah sakit atau dirujuk oleh Puskesmas guna verifikasi dokumen pribadi serta penilaian informasi lebih lanjut.

“Setelah itu, agen Contact Center akan memandu pasien untuk mengakses solusi teknologi kami yang lain, yakni Digital Customer Engagement, yang memungkinkan mereka untuk menjadwalkan dan melakukan konsultasi video online dengan dokter di rumah sakit,” jelasnya. Agus menambahkan bahwa Telkomtelstra membuka pintu lebar untuk berkolaborasi dengan rumah sakit lainnya dengan kedua solusi ini yang dapat dimulai dengan skema POC (proof of concept)/committed trial.

Telkomtelstra bekerja sama dengan Ipscape, perusahaan Cloud Contact Center untuk memberikan solusi yang menawarkan cara yang aman dan nyaman bagi tenaga kesehatan di rumah sakit dalam melakukan pemeriksaan pasien dan mengumpulkan informasi penting sebelum konsultasi langsung dilakukan. Di masa pandemi COVID-19, Ipscape telah mendukung banyak bisnis global dengan solusi cloud untuk memungkinkan pengaturan kerja yang fleksibel dan memastikan kelangsungan bisnis terus berjalan untuk aktivitas call center (pusat panggilan), temasuk di antaranya layanan pelanggan dan aktivitas penjualan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)