Ruang Jualan Digital untuk UMKM Binaan KKP

Grab bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI untuk mendukung program Pasar Laut Indonesia. Lewat sinergi ini, Grab akan menyediakan platform digital bagi UMKM yang menjual produk kelautan dan perikanan di GrabMart dan GrabExpress.

“Saya mengapresiasi kontribusi yang diberikan Grab Indonesia dalam membantu pemerintah meningkatkan penjualan produk UMKM melalui percepatan digital,” kata Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan RI. Pandemi yang saat ini masih merebak di Indonesia berdampak pada sektor kelautan dan perikanan. Strategi go digital yang diinisiasi Grab, menurutnya, merupakan kunci untuk membuat pelaku usaha di Indonesia tetap bisa bertahan dan berkembang.

Namun sayangnya, saat ini, masih banyak pelaku usaha yang belum memaksimalkan platform digital. Oleh karena itu, pihaknya meluncurkan gerakan Pasar Laut Indonesia yang merupakan bagian dari gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

“Kontribusi pihak swasta, seperti Grab, dengan menyediakan platform untuk pelaku industri diharapkan dapat menjadi batu loncatan untuk mengembangkan bisnis mereka,” ujarnya. Kolaborasi Grab dan KKP, saat ini, sudah menjangkau wilayah DKI Jakarta dan diharapkan ke depan akan diperluas ke wilayah lain.

Sementara itu, Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, menjelaskan bahwa pihaknya akan mendukung upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam memastikan para UMKMnya dapat memasarkan hasil laut mereka melalui lini digital. “Produk kelautan dan perikanan memiliki peran penting dalam ekonomi Indonesia. Grab akan menyediakan platform untuk UMKM binaan KKP agar mereka tetap berjualan,” kata dia.

Skema layanan yang akan disediakan oleh Grab meliputi GrabMart dan Layanan Pengantaran via GrabExpress. GrabMart, akan menyediakan ruang untuk memasarkan produk hasil laut mitra binaan KKP. Sedangkan untuk layanan pengantaran, para penjual di Jakarta dapat melakukan pengiriman kepada pembeli melalui layanan GrabExpress melalui skema Web Booking Grab For Business yang akan difasilitasi Grab dan KKP. 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)