Rudiantara Ingatkan Pentingnya Tingkatkan Talenta Digital

Di tengah berkembang suburnya startup lokal, Indonesia ternyata kekurangan talenta digital. Akibatnya, kerap terjadi bajak membajak talenta terbaik antar startup. Penting bagi semua pihak mendukung pengembangan talenta digital di Indonesia. Hal ini disampaikan Rudiantara, Menkominfo saat pembukaan NXT Indonesia 2018, pameran teknologi digital pertama di Indonesia, dibuka hari ini (24/10/2018) di JIExpo Kemayoran Jakarta, bersamaan dengan Communic Indonesia dan Broadcast Indonesia.

“Isu talenta di dunia digital bukan saja di Indonesia, tapi juga Asean. Maka itu Pemerintah mengambil peran dengan turut mendorong peningkatan talenta digital kita dengan membangun Digital Talent Ecosystem bersama perguruan-perguruan tinggi dengan dana US$ 9-10 juta,” ungkapnya.

Talenta digital ini harus dikembangkan demi mendukung terwujudnya Industry 4.0 untuk terpenuhinya talenta dalam robotik, kecerdasan buatan, big data dan sebagainya. Salah satu upaya dalam mendorong talenta digital juga disebut Rudi sudah dijalankan Pemerintah melalui program pendidikan vokasi bersama lima perguruan tinggi.

NXT Indonesia 2018 diikuti oleh lebih dari 100 ekshibitor dari 18 negara, serta lebih dari 5,000 pengunjung, pameran ini berlangsung hingga 26 Oktober 2018. Selama pameran, peserta juga akan dimanjakan dengan berbagai pembicara di Indonesia Digital Economy Summit 2018, yang menghadirkan para profesional dari sektor Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK).

Data IDC pada 2021 setidaknya 40% dari PDB Indonesia akan disumbang dari sektor yang pertumbuhannya digerakkan oleh platform digital. Indonesia telah mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam membangun ekosistem digital, khususnya setelah pemerintah meluncurkan Gerakan Nasional 1000 startup untuk mengembangkan 1000 startup teknologi lokal di Indonesia, yang diprediksi bernilai total US$ 10 miliar di tahun 2020.

“Untuk membangun ekosistem startup yang kuat, Anda perlu membangun hubungan yang solid dengan berbagai mitra dari seluruh dunia. Manfaatnya bisa dirasakan langsung, yakni semakin banyaknya mitra dan investasi yang diterima oleh perusahaan Anda,” ujar Ben Wong, Managing Director Pamerindo Indonesia, selaku penyelenggara pameran.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)