Rumah123.com Gelar Real Estate Awards 2018 Perdana

Memasuki kuartal II-2018, Rumah123 membuat sebuah ajang penghargaan baru yaitu Rumah123.com Real Estate Awards 2018. Penghargaan ini merupakan gabungan Consumer Choice Awards dan Property Agent Awards yang sudah digelar di tahun-tahun sebelumnya.

Ignatius Untung, Country General Manager Rumah123, menjelaskan, penghargaan tersebut terdiri 56 kategori untuk developer, 14 kategori untuk agen properti, 2 kategori untuk banking. “Riset dilakukan sejak awal Februari 2018 dengan total responden 470, dan total nominasi 72,” jelas Untung.

Beberapa pemenangnya antara lain: kategori The Best Apartment in East Jakarta < 1  bio adalah Prajawangsa City dengan developer Synthesis; kategori The Best Apartment in South Jakarta adalah Permata Hijau Suites dengan developer Terry Palmer Group dan Ateja Group; kategori The Most Popular Property Developer adalah Agung Podomoro Land; kategori The Best Agent is South Jakarta adalah Omar Noviardi dari Oris Property. Kemudian kategori Banking Awards ada Bank Mandiri dan Bank BNI.

Metode yang digunakan dalam Real Estate Awards 2018 adalah Eye Tracking. Pada kesempatan ini, Rumah123 memperkenalkan teknologi biometric neuromarketing yang untuk pertama kalinya digunakan dalam industri properti di Indonesia. Teknologi ini memanfaatkan teknologi eye-tracking, sebuah proses mengukur gerakan mata untuk menentukan letak dan jenis informasi yang dilihat seseorang, urutan informasi, dan berapa lama pandangan mereka berada di tempat tertentu.

Menggunakan algoritma canggih, teknologi ini memungkinkan penggunanya mengukur posisi mata dan menentukan dengan tepat di mana fokusnya. Teknologi eye-tracking dapat menghasilkan insight dan perspektif baru mengenai perilaku konsumen yang tidak dapat diberikan oleh berbagai metode riset konvensional lain seperti survei, interview, dan FGD.

“Penggunaan teknologi biometric ini mampu menjawab dengan lebih akurat terkait ‘misteri’ bagaimana pengambilan keputusan pembelian dilakukan, tentu juga memperkuat kredibilitas awards ini sebagai penghargaan yang bebas kepentingan dan obyektif,” kata Untung.

Ia menjelaskan, beberapa responden diundang untuk menjadi partisipan sebagai propertyseeker. Responden diperlihatkan beberapa template gambar brosur properti dari laptop yang sudah dihubungkan dengan teknologi eye-tracking untuk kemudian direkam dan dianalisis.

Setelah itu, konsumen akan diberikan beberapa pertanyaan kuantitatif terkait gambar-gambar tersebut untuk mendapatkan insight yang lebih dalam. “Aspek yang  kemudian diukur di antaranya project awareness, quality perception, price perception, favorability, dan project interest.  Proyek dengan skor tertinggi di setiap indikator tersebutlah pemenangnya,” ujar Untung.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!