Rusia Jadi Mitra Indonesia Kembangkan Teknologi Nuklir

Menyikapi soal penggunaan nuklir sebagai sumber tenaga terbarukan, saat ini Indonesia memang tengah menangani kerja sama dengan beberapa pihak. Rusia menjadi salah satu negara yang menjalin kerjasama pengembangan nuklir dengan Indonesia selain Jepang dan Tiongkok.

nuklir

Posisi Rusia dalam mengembangkan nuklir memang tidak perlu diragukan lagi. Sejak pertama kali mengadopsi teknologi ini untuk beragam keperluan, Rusia relah mengembangkan teknologi nuklir menjadi lebih modern. Alhasil, teknologi nuklir saat ini bisa dikatakan sangat aman dan efisien. Terutama jika berkaitan dengan kebutuhan akan energi.

“Rusia merupakan pemimpin di industri nuklir dunia sekaligus mitra tradisional Indonesia. Oleh sebab itu, kerja sama dari kedua belah pihak dalam penggunaan energi nuklir untuk perdamaian sangat logis,” ujar Direktur Pusat Kebudayaan Russia di Jakarta, Vitaly Glikin.

Glikin Juga berpendapat bahwa Indonesia memiliki potensi yang cukup besar dalam melaksanakan proyek ini. Ia juga berharap pemerintah Indonesia bisa mengambil langkah aktif guna mendukung keberlangsungan proyek pemberdayaan tenaga nuklir di Indonesia.

Djarot Wisnubroto, Kepala Badan Tenga Nuklir nasional (BATAN) mengemukakan hal yang sama. Selama ini, Rusia telah banyak berpartisipasi dalam pengembangan nuklir di beberapa negara Asia seperti India dan China. Tentu saja, BATAN turut mendukung bahwa Indonesia harus bisa mengadopsi nuklir sebagai sumber energi alternatif.

“Kami selalu memberikan nasehat pada pemerintah, baik positif maupun negarif guna melindungi masyarakat. Termasuk program PLTN yang saat ini sedang disusun oleh pemerintah,” tambah Djarot.

Dimitry Somakhin, Profesor dari Universitas Riset Nuklir Rusia juga menyatakan bahwa hingga saat ini, teknologi nuklir cenderung aman karena bebas dari kecelakaan dalam kurun waktu 50 tahun terakhir. Bahkan baru baru ini, Russia akan segera meluncurkan generator nuklir generasi 3+ yang dinilai lebih efisien dan aman. Terlebih jika menghadapi bencana alam.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)