Sales Mission 2016 Dorong Kunjungi Destinasi Wisata Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan potensi wisata alam yang besar. Namun, kekuatan ini nyatanya masih kalah bila dibandingkan dengan negara tetangga. Candi Brobodur misalnya, hanya mampu menarik 158.000 wisatawan mancanegara per tahun, sementara Angkor Watt di Kamboja mampu menarik 1,6 juta wisatawan asing saban tahun.

salah satu kegiatan promosi wisata Indonesia di Lyon, Perancis salah satu kegiatan promosi wisata Indonesia di Lyon, Perancis

Wisata laut seperti Bunaken juga hanya mampu mendatangkan 11.000 wisatawan asing, bandingkabn dengan Pantai Pattaya di Thailand mampu menarik 4 juta wisatawan asing per tahun. Padahal kunjungan wisatawan asing ke Indonesia tahun 2015 mencapai 10.406. 759 orang, lebih tinggi dari prediksi Kementerian Pariwisata yang hanya menargetkan 10 juta pengunjung.

Daya tarik utama wisata Indonesia masih didominasi Bali yang mengalami kenaikan wisatawan asing pada 2015 sebesar 6,65% year on year dibandingkan tahun 2014. Kementerian Pariwisata Indonesia menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara di tahun 2019. Pada tahun 2020 diperkirakan akan ada 1,56 miliar kunjungan wisatawan internasional.

Dari jumlah tersebut sebanyak 397 juta wisatawan atau 25% di antaranya akan mengalir ke kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Untuk mencapai target tersebut, Kementerian Pariwisata melakukan berbagai pengenalan destinasi wisata Indonesia ke mancanegara. Salah satunya melalui kegiatan Sales Mission 2016. Kegiatan ini merupakan bentuk misi penjualan dengan mempertemukan seller Indonesia, buyers internasional, wholeseller, serta travel agents.

Kegiatan Sales Mission 2016 dilakukan di beberapa negara, salah satunya adalah Perancis dengan tema Sales Mission Perancis 2016. Kegiatan ini diadakan melalui kerjasama Kementerian Pariwisata Indonesia dengan VITO Perancis. VITO (Visit Indonesia Tourism) Perancis adalah representatif Kementerian Pariwisata Indonesia di Perancis. Sales Mission Perancis 2016 ini menjadi Sales Mission pertama yang diadakan. Acara ini dilakukan di 4 kota, antara lain: Lyon, Toulouse, Nantes dan Paris, dimulai dari tanggal 26 – 29 September 2016.

Perancis dipilih sebagai salah satu negara tujuan “Sales Mission 2016” karena dalam periode Januari-Juli 2016 tedapat kenaikan wisatawan Perancis ke Indonesia. Kenaikan ini sebesar 20,79% jika dibanding tahun lalu atau mencapai 134.965 pengunjung. Tahun ini, Kementerian Pariwisata menargetkan 250.000 wisatawan Perancis yang berkunjung ke Indonesia. Dengan regulasi bebas visa, diharapkan mempermudah wisatawan Perancis untuk berwisata ke Indonesia.

“Kami optimis untuk melakukan promosi di pasar-pasar utama, terutama di Perancis, untuk mencapai target 20 juta kedatangan pada 2019.” jelas Nia Niscaya, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika.

Selain presentasi destinasi wisata Indonesia di 4 kota, yaitu Lyon, Toulouse, Nantes dan Paris, Sales Mission Perancis 2016 juga melakukan strategi lain. Rencananya tim sales Mission Perancis 2016 akan menggunakan bus yang dibranding dengan daerah wisata serta kebudayaan seperti tari tradisional dari Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk menarik perhatian warga Perancis, untuk berkunjung ke acara tersebut.

Halaman Selanjutnya
 ...
Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)