Sambut Ramadan, Instagram Hadir dalam Versi Ringan

Menyambut momen Ramadan, Instagram resmi meluncurkan Instagram Lite di Indonesia. Versi Instagram yang lebih ringan dan hemat kuota internet ini akan segera tersedia di Google PlayStore mulai minggu depan. 

Instagram Lite dirancang untuk memberikan pengalaman menjelajahi Instagram secara lebih maksimal bagi para pengguna, terlepas dari jenis perangkat yang mereka gunakan maupun kualitas jaringan internet dimana mereka berada saat itu. Fitur ini berukuran kurang dari 2MB, sehingga dapat diunduh dan menampilkan konten secara lebih cepat.

Melalui Instagram Lite, Instagram berharap dapat memberikan cara baru bagi para pengguna untuk berbagi cerita, terhubung dengan hal-hal yang mereka sukai, serta bersilaturahmi bersama teman dan kerabat terdekat di bulan Ramadan tahun ini, maupun momen penting lainnya.

“Bulan Ramadan identik dengan kegiatan berbagi, baik berbagi cerita, maupun berbagi kebaikan. Setahun bergelut dengan pandemi tentu tidak meredam semangat berbagi tersebut di antara para pengguna Instagram, meskipun tahun ini kita masih tetap harus melakukannya secara online," kata Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia.

Di Ramadan kali ini, Instagram juga kembali menghadirkan kampanye #MonthofGood atau #BulanKebaikan guna mengajak para pengguna untuk berbagi lebih banyak inspirasi dan ekspresi kebaikan di bulan suci penuh kemenangan ini.

"Dengan kehadiran Instagram Lite dan kampanye #MonthofGood, kami ingin Instagram menjadi tempat bagi para pengguna menjadi pribadi yang lebih kreatif dan ekspresif untuk terus berbagi kebaikan dengan orang-orang tercinta yang terhubung secara virtual,” tambah Pieter.

Tahun lalu, Instagram mencatat adanya ribuan postingan dari seluruh dunia yang menggunakan tagar #MonthofGood dengan total lebih dari 7 juta interaksi pada postingan-postingan tersebut.

"Hal ini semakin membuktikan bahwa bulan Ramadan menjadi momen penuh kebaikan bagi setiap individu, termasuk para pengguna dan konten kreator yang dapat terus memanfaatkan fitur-fitur Instagram guna memaksimalkan perayaan bulan penuh kemenangan dan terus menebarkan kebaikan meski #dirumahaja,” tuturnya.

Instagram juga berupaya untuk menambah kemeriahan dan membantu para pengguna merayakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu dengan menghadirkan stiker-stiker menarik karya seorang desainer asal Bahrain, @haluulie. Ketiga Stiker Ramadan ini dapat ditemukan di Galeri Stiker pada Instagram Stories pengguna.

Sementara itu, untuk memudahkan pengguna dalam merayakan momen Ramadan secara virtual, Instagram juga memunculkan sebuah Instagram Story yang berisi kumpulan Stories dari orang-orang yang diikuti oleh pengguna dan menggunakan Stiker Ramadan tersebut. Stories gabungan tersebut dapat ditemukan pada Stories bar.

Selain itu, mengulang kesuksesan tahun sebelumnya, di Indonesia Instagram akan berkolaborasi dengan enam figur publik tanah air untuk mengajak para pengguna mengisi waktu ngabuburit mereka dengan ikut serta dalam berbagai percakapan menarik di serial Instagram LIVE bertajuk #NgabuburitdiInstagram. Berlangsung setiap hari Sabtu selama 30 menit, para figur publik ini akan berbincang-bincang seputar bentuk kebaikan versi mereka yang bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)