Sampoerna University Cetak Face Shield Mask Teknologi 3D

Faculty of Engineering & Technology (FET) Sampoerna University ikut membantu menghadapi COVID-19 dengan mendonasikan alat pelindung wajah (face shield masks). Produksi dilakukan atas kerja sama dengan PT Flexitech Evolusindo dan didukung Asosiasi Printer Tridimensi (Printridi) Indonesia. Donasi tersebut diharapkan dapat membantu kebutuhan alat perlindungan diri (APD) rumah sakit (RS) di Jakarta (24/04/2020).

“Menyadari kebutuhan yang mendesak itu, Sampoerna University menginisiasi upaya produksi dan donasi alat pelindung wajah kepada para tenaga kesehatan yang berada di garis depan penanganan COVID-19 di Jakarta,” jelas Farid Triawan, Head of Mechanical Engineering Study Program Sampoerna University.

Farid menjelaskan, produksi alat pelindung wajah menggunakan teknologi pencetakan 3D di laboratorium FET. Teknologi tersebut memiliki banyak keunggulan, di antaranya ialah kemampuan membuat purwarupa (prototype) secara cepat serta fleksibilitas desain. Mulai dari berbagai bentuk, jenis, dan ukuran dapat dibuat secara cepat dan terjangkau.

Sebelum produksi, diadakan konsultasi terlebih dahulu mengenai desain. Konsultasi ini dilakukan dengan Asosiasi Printridi, agar mencapai dan memenuhi standar medis. Setelah itu, produksi dilaksanakan dengan teknologi canggih 3D printers di lab FET Sampoerna University. Para dosen Design Communication Visual FET Sampoerna University turut bergabung dalam pembuatan desain, sehingga bisa diproduksi secara massal di pabrik.

"Karena kebutuhan APD yang sangat mendesak sekarang, kami berupaya menggunakan teknologi ini untuk memproduksi alat pelindung wajah,” lanjut Farid.

Pendistribusian alat pelindung wajah dilakukan secara bertahap ke beberapa rumah sakit di Jakarta dan sekitarnya. Total ada 362 alat yang berhasil didonasikan. Donasi tersebut terdiri dari 150 unit ke RS Metropolitan Medical Centre (MMC) Kuningan Jakarta, 130 ke RS Pondok Indah, dan 82 ke RS Awal Bros Bekasi Timur.

“Terima kasih kepada Sampoerna University yang telah menyumbangkan 150 alat pelindung wajah pada RS MMC Kuningan sebagai bentuk nyata dukungan pada para tenaga medis di sini,” jelas dr. Sasha, anggota tim Humas RS MMC Kuningan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)