Sandiaga Uno Dukung Penuh Holding BUMN Pariwisata

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Dok. Kemenparekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh pembentukan holding BUMN pariwisata. Pihaknya berharap holding tersebut mengedepankan inovasi teknologi sehingga bisa memiliki big data sektor pariwisata yang berguna bagi kebijakan Kemenparekraf.

"Kami memberikan dukungan secara penuh kami meyakini ini adalah langkah yang strategis dalam memetakan pariwisata yang lebih berkualitas," kata Sandiaga dalam konferensi pers virtual, Senin (12/7).

Ia mengatakan, pihaknya telah menyampaikan sejumlah masukkan mengenai holding tersebut. Lantaran holding BUMN parwisata menyangkut perusahaan-perusahaan besar, diharapkan ada satu platform sinkronisasi sehingga misi perusahaan sejalan dengan program-program pemerintah.

"Intinya kita berharap keberadaan holding ini berkesinambungan dengan pariwisata Indonesia yang berkelanjutan," ujar dia.

Menurut Sandiaga, pembentukan perusahaan itu akan menghasilkan produk terintegrasi yang lebih ke arah digital. Pasalnya, selama ini masing-masing perusahaan telah memiliki data namun belum dapat dikelola dengan analisis big data karena belum saling tersambung.

Dengan kerja sama antar perusahaan dengan data yang satu, Sandiaga yakin pemerintah dapat membuat proyeksi yang lebih tepat mengenai permintaan maupun arah tren pariwisata. "Kita harapkan holding ini bisa hadirkan pendekatan inovasi yang melalukan pendekatan big data dan diolah melalui artificial intelligent," ujarnya. 

Sumber: Republika.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)