Sandiaga Yakin Sektor Pariwisata Mulai Pulih di Semester II 2021

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (Foto: Istimewa/Kemenparekraf).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (Foto: Istimewa/Kemenparekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yakin sektor usaha yang bergerak di bidang wisata akan mulai menunjukkan tren pemulihan pada paruh kedua 2021. Pemulihan ekonomi didorong oleh vaksinasi yang telah berjalan dan meningkatnya kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Sandiaga menilai pemulihan kegiatan ekonomi sangat tergantung pada pelaksanaan protokol kesehatan dan upaya pemerintah dalam menekan kasus penyebaran virus corona. Sejak awal tahun, Sandiaga mengatakan pemerintah terus memperluas 3T atau  testing (pengetesan), tracing (pelacakan), treatment (perawatan) guna mencegah meluasnya Covid-19.

Di saat yang sama, pemerintah membatasi kegiatan masyarakat secara mikro di tingkat kota hingga desa. Melalui pelbagai upaya, Sandiaga mengklaim penanganan Covid-19 makin membaik dengan menurunnya bed occupancy rate atau BOR.

Sandiaga memandang pemulihan, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi, akan terus berjalan dan program vaksinasi bakal menjadi ujung tombaknya. Ia mengupayakan sebanyak 34 juta pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif akan segera memperoleh vaksin Covid-19 untuk mempercepat pemulihan tersebut.

"Malam ini saya akan bicara dengan Menteri Kesehatan (Budi Gunadi Sadikin) bahwa di beberapa daerah dan 34 juta pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini dapat menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksinasi,” ujar Sandiaga.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berharap pengusaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mulai memproleh vaksin pada awal atau pertengahan Maret. Dengan percepatan vaksinasi, sampai akhir tahun, Indonesia diharapkan dapat mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity sebesar 70 persen.

“Kick off-nya kita usulkan di Bali karena di Bali yang paling terdampak sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga.

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)