Sarinah Gandeng Srikandi BUMN Kampanye Produk Lokal

GNP Sugiarta Yasa, Direktur Utama PT Sarinah (Persero), bersama direksi wanita di BUMN

Sejak Rini Soemarno menjabat sebagai Menneg BUMN, arahan untuk sinergi antar perusahaan milik negara ini terus digencarkan.

PT Sarinah (Persero) sebagai etalase produk-produk heritage Indonesia memanfaatkan  direktur-direktur wanita di BUMN menjadi ambassador kampanye penggunaan produk-produk dalam negeri sebagai wujud sinergi ini.

"Kami mengajak srikandi BUMN, demikian kami menyebut para direksi wanita ini menjadi duta produk UKM dalam negeri," ujar GNP Sugiarta Yasa, Direktur Utama PT Sarinah (Persero) di Gedung Sarinah Jalan MH Thamrin Jakarta (15/12/2017).

Langkah ini, dikatakan Sugiarta, guna menyambut Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember. Di saat yang sama di Sarinah diadakan pekan Badui yang diadakan hinggal tanggal 29 Desember nanti dengan menampilkan beragam kain tenun Badui dengan pewarna alam, madu alam, tas kulit kayu dan berbagai produk Badui lainnya. "Setiap Jumat jam 5 sore ada atraksi suku Badui, seperti bagaimana mereka membuat produk kerajinannya," imbuhnya.

Lies Permana Lestari, Direktur Ritel Sarinah, menjelaskan, langkah ini juga dalam upaya menggalakkan para direksi wanita BUMN belanja di Sarinah, agar mereka makin senang dengan produk-produk Sarinah yang tak kalah kualitas dengan produk impor. "Seluruh direksi wanita BUMN kami undang, yang hadir 20-an direksi terutama yang dekat Jakarta," ujarnya.

Para direksi perempuan BUMN yang hadir, antara lain, Nina S (Direktur Pemasaran dan TI Garuda Indonesia, Lenggogeni (Direktur INUKI/Puspitek), Retno Hardia Siwi (Direktur TWC Borobudur).

Pada kesempatan yang sama diadakan lelang produk Badui yang hasil penjualannya akan diberikan untuk pendidikan anak-anak Badui. Serta lelang produk kerajinan lain yang ada di Sarinah yang hasilnya akan diserahkan Yayasan Sarinah Peduli untuk anak-anak penderita kanker.

Setiap produk lokal yang dijual Sarinah merupakan produk-produk pilihan dengan kualitas terkurasi tinggi. Para UKM dipilih tentu dengan kemampuan konsistensi kuantitas dan kualitas produk terstandar aerta siap ekspor. "Kami baru saja ekspor ke Myanmar satu kontainer batik," tambahnya.

Selain menjadi etalase produk heritage Indonesia, Sarinah juga sebagai pemasok seragam-seragam karyawan BUMN di antaranya untuk Bank BNI, PELNI, Jiwasraya. "Kami sedang pendekatan dengan Garuda Indonesia agar seragam pramugarinya juga menggunakan jasa Sarinah dengan sinergi BUMN, " ujarnya.

Dalam mendorong peningkatan penjualan, di tengah lesunya ritel, Sarinah terus bebenah diri. Lies menjelaskan, pembenahan itu, antara lain,  dengan mengelola tata musik di gerainya agar ketika pengunjung datang makin nyaman, selain menata produk dan layout.

Sugiarta menambahkan, pada akhir tahun nanti juga akan diadakan festival kuliner. "Sarinah terus bebenah mendorong berbagai pihak dengan posisinya yang strategis bisa dijadikan lokasi untuk kegiatan-kegiatan terkait upaya mempromosikan produk unggulan Indonesia," ujarnya. Menurut Sugiarta, pihaknya juga terus mengupayakan untuk mempercantik gedung Sarinah, menambah beberapa gerai dan akan dibangun di sisi Jalan Sunda satu tower lagi tahun depan.

Setidaknya pasa Juni tahun depan di Sarinah akan ada area khusus yang menyediakan beragam jajanan nusantara. "Ini merupakan bagian dari kerja sama Sarinah dengan Kemenpar untuk co-branding Wonderful Indonesia," ia menegaskan.

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)