Scoot Buka Rute Jarak Jauh ke Berlin

Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah (low-cost carrier/LCC) milik Singapore Airlines (SIA) Group, membuka rute baru ke Berlin, Jerman. sebagai destinasi jarak jauhnya yang ketiga setelah Athena, Yunani, dan Honolulu, Amerika Serikat. Saat ini menjadi satu-satunya maskapai penerbangan bertarif rendah di Asia Tenggara yang menawarkan penerbangan langsung dari Singapura ke Berlin.

Vinod Kannan, Chief Commercial Officer (CCO) Scoot, mengatakan bahwa sejak awal berdiri Scoot memposisikan diri sebagai maskapai LCC yang menargetkan penumpang generasi muda dan millenials, melengkapi induknya, SIA, yang mengincar pasar premium.

“Kenapa berlin, karena Berlin termasuk banyak milenials di situ. Terkenal akan kekayaan sejarah, seni, dan budayanya, Berlin meraih gelar “Kota Desain” oleh UNESCO pada tahun 2006 dan menjadi bagian dari Creative Cities Network UNESCO. Selain itu di Berlin juga banyak destinasi penting lainnya,” ujar Vinod.

Penerbangan empat kali seminggu dari Singapura ke Berlin akan dimulai pada tanggal 20 Juni 2018, dan dioperasikan oleh pesawat berbadan lebar (wide-body) dengan gang ganda (twin-aisle) Boeing 787 Dreamliner, yang memberikan pengalaman menaiki maskapai penerbangan full-service dengan biaya rendah kepada para penumpang.

Chun Hoy Yuen, Director Marketing & Sales German National Tourist Office (ASEAN), mengatakan bahwa selama periode 2014 - 2016, kunjungan ke Jerman dari Indonesia meningkat lebih dari dua kali lipat dari 50.000 kunjungan menjadi 110.000 kunjungan. Hal ini menjadikan Indonesia pasar terbesar di Asia Tenggara dari segi lalu lintas global ke Jerman.

“Di antara kota-kota di Jerman, Berlin merupakan kota dengan kunjungan terbesar kedua dan penggerak pariwisata inbound sejak tahun 2016,” tuturnya.

Wisatawan Indonesia dapat terbang ke Berlin melalui Singapura dari empat kota di Indonesia, yaitu Denpasar, Jakarta, Palembang dan Surabaya. Tarif yang dipatok oleh Scoot berkisar Rp 6,3 juta sampai Rp 6,9 juta untuk economy fly dengan rute Pulang-Pergi. Selain juga ada penerbangan kelas bisnis (scootbiz) Singapura-Berlin mulai dari Rp 20,7 juta.

Jaringan Scoot saat ini meliputi 63 destinasi di 17 negara, di mana Berlin, Nanchang, dan Pekanbaru akan segera dibuka pada Bulan Juni tahun ini. Untuk mendukung ekspansinya, Scoot mengoperasikan 16 pesawat berbadan lebar (wide-body) Boeing 787 Dreamliner dan 24 Airbus A320, dengan tambahan empat pesawat Boeing 787 Dreamliner dan 39 Airbus A320 Neo dalam proses pemesanan. Dengan tambahan Pekanbaru, Scoot akan terbang ke lima destinasi di Indonesia, termasuk destinasi sebelumnya yaitu Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Palembang dengan frekuensi 53 penerbangan pulang pergi per minggu antara Indonesia dan Singapura.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)