Seed Award 2021 Kembali Dukung Semangat Kewirausahaan

Untuk terus mendorong perubahan positif dan implementasi Sustainable Development Goals (SDG), Seed sebagai badan yang diinisiasi oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadakan Seed Awards 2021. Ajang ke-14 bertujuan menumbuhkan dan mendukung semangat kewirausahaan yang berdampak positif terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi. Pada tahun 2021, mencari 48 usaha dan inovasi yang akan didanai dan mengikuti program akselerasi dan inkubasi dari Seed.

Dari 48 pemenang yang akan didanai dan mengikuti program akselerasi dan inkubasi akan terbagi menjadi 2 kategori yaitu Seed Low Carbon Awards dan Seed Climate Adaptation Awards. Seed  Low Carbon Awards akan diberikan kepada 30 pemenang dari Ghana, India, Indonesia, South Africa, Thailand, dan Uganda, sedangkan Seed Climate Adaptation Awards diperuntukan bagi 18 pemenang dari Botswana, Malawi, dan Zambia.

Adapun kriteria perusahaan pemenang yang dicari oleh See Awards adalah: perusahaan Inovatif dan market-driven yang menghadirkan solusi untuk permasalahan lingkungan dan sosial; memiliki potensi dan keinginan untuk mandiri secara finansial; memiliki kerjavsama atau berhubungan dengan pemangku kepentingan; merupakan perusahaan yang berdiri dan dipimpin secara lokal; memiliki potensi untuk terus bertumbuh kembang dan sudah beroperasi, dan berada di tahap awal

Rainer Agster, Director of Operation Adelphi mengatakan, untuk mendorong perubahan, bisnis dan inovasi lokal memegang peran penting, tidak hanya perusahaan dan kebijakan secara lebih besar. “Oleh karena itu kami terus menjalankan Seed Awards yang sudah berlangsung selama 14 tahun agar konsisten mendorong perubahan dan solusi lingkungan yang menghasilkan dampak positif sosial dan ekonomi,” jelasnya.

Para pemenang dari Seed Awards ini akan mendapatkan total dana senilai 163.500 Euro atau sekitar Rp2,7 miliar yang terbagi menjadi dana dalam bentuk hibah sebesar 10.000 euro atau sekitar Rp170 juta  mengikuti program Seed Accelerator bagi para pemenang, dan matching grant sebesar 1.500 euro atau sekitar Rp25 juta dan mengikuti  Seed Catalyser bagi para runers up. Program Seed Accelerator dan Seed Catalyser akan membantu para pemenang untuk mengembangkan bisnis mereka dan mempersiapkan bisnis mereka agar semakin menarik dimata investor, serta membantu pengembangan operasional mereka.

Seed Awards 2021 diharapkan dapat membantu mengembangkan dan mendorong ide-ide, inovasi, serta usaha lokal dalam menanggulangi dan mengurangi emisi gas karbon dan menjaga keberlangsungan hidup manusi di masa mendatang, mengingat pemerintah Indonesia menargetkan adanya pengurangan emisi sebesar 41% pada 2030 dengan bantuan internasional.

Seed merupakan organisasi global yang bergerak dalam usaha untuk mengembangkan pembangunan berkelanjutan, dan ekonomi hijau yang didirikan oleh United Nations Environment Programme (UN Environment), United Nations Development Program (UNDP) dan International Union for Conservation of Nature (IUCN) pada 2002 melalui acara KTT Pembangunan Berkelanjutan di Johannesburg. Seed didasarkan pada pemahaman bahwa promosi usaha sosial dan lingkungan sangat penting bagi dunia komunitas yang berkembang di mana kewirausahaan mendorong pembangunan berkelanjutan. Organisasi ini diselenggarakan oleh Adelphi Research gGmbH, yang berbasis di Berlin, Jerman.

Lebih dari 300 bisnis kecil dan berkembang dari negara berkembang di Asia, Afrika dan Amerika Latin telah menerima Seed Awards. Penghargaan ini terwujud berkat dukungan dari mitra Seed.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)