Sejauhmana Urgensi Kenaikan Gaji Bupati?

Ketum Apkasi, Mardani H. Maming (kiri)

Setelah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Kepala Desa di seluruh Indonesia tersenyum lebar, lantaran pemerintah pusat telah menaikkan gaji dan tunjangan mereka secara signifikan, maka sudah saatnya pemerintah juga memperhatikan kesejahteraan dan pendapatan bupati yang sejak 12 tahun tidak pernah dinaikkan.

“Seharusnya, dengan memperhatikan beban dan tanggung jawab para bupati yang sedemikian besar, sudah sewajarnya pemerintah pusat juga segera memperhatikan peningkatan kesejahteraan atau gaji serta tunjangan para bupati,” ujar Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Mardani H. Maming, di Jakarta (21/1/2019).

Apkasi, jelas Mardani, sesungguhnya telah lama memperjuangkan keluhan para bupati tentang masalah pendapatan mereka yang dianggap mereka rendah, baik secara tertulis maupun disampaikan secara lisan kepada Menteri Keuangan dalam berbagai kesempatan.

“Malah belum lama ini, Menteri Keuangan menyatakan kepada beberapa media akan segera mengkaji dan menaikkan gaji para kepala daerah, termasuk bupati. Dengan demikian, diharapkan upaya pemerintah ini selain dapat menaikkan kesejahteraan kepala daerah, juga dapat menekan terjadinya tindak pidana korupsi yang belakangan ramai menerpa para kepala daerah,” ungkap Mardani.

Mardani melihat dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik saat ini, maka sudah tepat jika pemerintah pun memperhatikan kesejahteraan para bupati dengan menaikkan pendapatan mereka. “Saya pikir, Presiden Jokowi juga akan mendukung harapan dari para kepala daerah yang memang telah lama tidak pernah mengalami kenaikan pendapatan ini,” kata Mardani.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)