Selama Pandemi, Dana Telah Kembangkan 20 Fitur Aplikasi

Dana mencatatkan kenaikan transaksi 50% hingga pertengahan Mei 2020. Payment gateway ini juga telah mengembangkan lebih dari 20 fitur dalam aplikasi selama pandemi terjadi, yang sebagian besar diperuntukkan bagi kemudahan belanja dan transaksi para penggunanya.

CEO Dana, Vincent Iswara, mengatakan saat ini adalah zaman di mana masyarakat mulai sadar bahwa teknologi dan digitalisasi adalah dua hal penting yang tidak lagi dianggap sebagai alternatif, melainkan keharusan. Untuk itu, perusahaan teknologi diharapkan dapat terus membuat gebrakan untuk membantu perekonomian Indonesia.

Fitur-fitur yang dikembangkan Dana antara lain konsultasi dengan Telemedicine YesDok, Groceries, Transfer Dana hingga Home Shopping & Nearby. Semua itu, sebut Vincent adalah cara untuk memperluas jangkauan transaksi contactless. “Contactless sudah mulai masuk ke dalam masyarakat. Sehingga kami ingin menghadirkan contactless experience,” jelas Vincent.

Menariknya, salah satu fitur Dana yang penggunaannya meningkat yaitu Donasi. Dibandingkan sebelum merebaknya wabah COVID-19, saat ini fitur Donasi yang bekerja sama dengan KitaBisa meningkat 6 kali lipat. Fitur lainnya yang Groceries yang tumbuh 3-4 kali lipat dibanding sebelum Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Vincent menambahkan, plaatform pembayaran ini juga membantu tenant-tenant di mall agar tetap bisa berjalan melalui salah satu fiturnya. “Kami bantu tenant dengan cara menggiring kunjungan dari Dana. Kami ada fitur Home Shopping & Nearby untuk menyalurkan konsumen ke tenant,” jelasnya.

Vincent mengupayakan agar Dana dapat menjadi akselerasi dalam digitalisasi ekonomi. Termasuk UMKM yang menjadi perhatian besar pemerintah. Menanggapi program digitalisasi UKM yang digalakkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, Vincent mengatakan pihaknya tentu akan berpartisipasi. Tidak hanya dengan Kemenkop UKM, tapi juga dengan kementerian lainnya. “Digitalisasi bisa menghemat cost yang besar. Untuk itu, kami bersedia mendukung,” tegasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Dana

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)