Selandia Baru - Indonesia Fokus Kerja Sama Sektor Pariwisata

Dalam kunjungan Perdana Menteri Selandia Baru, John Key ke Indonesia, salah satu fokus kerja sama yang akan dibangun kedua negara adalah sektor pariwisata. Untuk menarik minat lebih banyak wisatawan mancanegara, termasuk wisatawan Indonesia, Selandia Baru meluncurkan kampanye pariwisata global berupa video yang dibintangi sutradara film Hollywood, James Cameron.

Selandia Baru

Menurut John Key, sektor pariwisata adalah salah bentuk kerjasama yang bisa memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia. “Peluang nyata yang ada bagi Selandia Baru dan Indonesia diupayakan lebih intensif baik dari sektor ekonomi dan pariwisata,” ujar PM John Key, di Hotel Shangri-La, Jakarta, (18/7).

Selandia Baru saat ini sedang gencar mempromosikan negaranya dengan tagline Pure New Zealand. Adapun jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Selandia Baru tahun lalu sebanyak 3,3 juta orang, termasuk sekitar 17 ribu wisatawan asal Indonesia. Angka ini terbilang cukup rendah, karena masih didominasi wisatawan asal Australia, China dan Amerika Serikat.

Sementara menurut Rene De Moncy, Director of Trade, PR and Major Events at Tourism New Zealand beragam kampanye yang dilakukan Selandia Baru salah satunya video James Cameron akan diluncurkan di beberapa negara yang menjadi pasar utama pariwisata Selandia Baru agar menginspirasi lebih banyak orang untuk mengunjungi Selandia Baru. “Selain itu kami juga akan gencar mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pariwisata yang terdapat di Selandia Baru,” ujar Rene De Moncy.

Beberapa daerah wisata yang menjadi andalan Selandia Baru diantaranya, Aoraki / Taman Nasional Mount Cook yang berlokasi di pegunungan Alpin selatan, serta Tasmian Glacier, gletser terbesar di Selandia Baru dengan panjang 27 kilometer, dan Teluk Blanket yaitu lodge mewah ekslusif berlokasi di pesisir Danau Wakatipu. Selain itu terdapat Paradise yang merupakan lembah desa pertanian terpencil yang menjadi lokasi dibuatnya film The Lord of the Rings dan The Hobbit.

Hadir dalam acara peluncuran kampanye pariwisata tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI I Gede Pitana mengatakan bahwa hubungan kedua negara akan semakin erat apabila pariwisata terus dijaga. “Dari perspektif Indonesia, tahun lalu terdapat 79 ribu wisatawan Selandia Baru yang mengunjungi Indonesia. Hal ini juga dipengaruhi karena Selandia Baru mendapat fasilitas bebas visa kunjungan ke Indonesia,” ujarnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)