Semangat Transformasi Pegadaian di Era Disruptif 

 

Bagi PT Pegadaian (Persero), The Gade Sharing and Gold, acara sharing session kepada lembaga-lembaga pemerintah dan non- pemerintah, efektif untuk sosialisasi program transformasi digital dan kultural perusahaan di tengah tantangan disrupsi. Transformasi menjadi keharusan untuk perusahaan gadai milik BUMN ini, sehingga ke depan Pegadaian akan menjadi lebih transparan, akuntabel, responsible, independen, dan fair.

Dalam rangka kunjungan peserta Pelatihan Kepemimpinan Tingkat ll Angkatan XXI 2018 Lembaga Administrasi Negara (LAN), Pegadaian memperkenalkan perkembangan transformasinya yang lebih mudah, sehingga membantu mempermudah akses layanan terhadap masyarakat.

Direktur Utama Pegadaian, Sunarso, menjadi narasumber di acara dengan tema “Transformasi Pegadaian – Pegadaian semakin Muda(H)”, menjelaskan, melalui kegiatan ini, ada beberapa alasan utama transformasi, yang mayoritas disebabkan karena perubahan akibat disrupsi, yaitu perubahan teknologi gaya hidup masyarakat,dan bisnis global. “Perubahan perilaku terhadap emas dan gadai, munculnya peluang pertumbuhan baru, meningkatkan penggunaan digital nasabah, munculnya model bisnis inovatif untuk melayani nasabah, dan perubahan regulasi,” ujar Sunarso.

Dalam perkembangan transformasi yang semakin mudah, Pegadaian telah meluncurkan aplikasi Pegadaian Digital Service yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Terhitung lebih dari 100 ribu orang telah mengunduh aplikasi Pegadaian Digital tersebut. Sunarso juga menjelaskan untuk target ke depannya, Pegadaian menjadi perusahaan finansial terkemuka di Indonesia dan agen inklusi keuangan.

Dijelaskannya, fokus bisnis Pegadaian saat ini masih institusi pinjaman gadai, sehingga ke depannya menjadi institusi multifinance dengan portofolio unsecured- lending yang cukup besar. Untuk model operasional saat ini Pegadaian masih menggunakan sistem tradisional paper based dan berdasarkan kepada penaksiran barang jaminan sehingga, nantinya akan menjadi digital berdasarkan analisa barang jaminan dan profil nasabah. Transformasi channel penjualan Pegadaian juga akan menjadi multichannel cabang, sales force, agen digital dan fokus pada mass affluent.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)