Sentra Vaksinasi Bersama Siap Vaksin 5000 Lansia Setiap Hari

Menteri BUMN Erick Thohir mendorong agar semua perusahaan BUMN menjadi pionir untuk melakukan vaksinasi kepada lansia di lingkungan BUMN dan juga masyarakat. Menurutnya, langkah ini akan memacu sektor-sektor industri lain, baik swasta dan milik pemerintah dalam meningkatkan kepedulian akan kesehatan lansia serta dapat menumbuhkan produktivitas demi perbaikan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi.

Hal tersebut ditekankan Menteri Erick saat menyaksikan inisiasi vaksinasi lansia yang berlangsung di Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama, Istora Senayan, Senin (08/03/2021). "Saat ini, kami membuka Sentra Vaksinasi Bersama di Istora Senayan. Kemudian akan kami buka di Tennis Indoor, sehingga InsyaAllah bisa memadai," ujarnya.

Erick mengatakan, tempat tersebut cukup luas dengan fasilitas yang ramah lansia sehingga diharapkan bisa membantu percepatan lansia dalam proses vaksinasi. "Untuk itu, saya ajak semua untuk membawa orang tua, mertua, atau lansia yang ada di rumah untuk divaksin. Karena dengan vaksinasi para lansia akan terlindungi dari Covid-19 sehingga kita dapat menurunkan laju penularan virus dan mengurangi beban kerja rumah sakit,“ tuturnya.

Sentra Vaksinasi Covid-19 merupakan hasil kolaborasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Indonesia Healthcare Corporation (IHC) selaku holding BUMN Kesehatan.

Erick melanjutkan, ke depannya Sentra Vaksinasi Bersama Covid-19 akan hadir di kota-kota lain yang butuh percepatan. “Data peserta akan diperoleh melalui pendaftaran dan pendataan berbasis teknologi dari Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, dan peserta umum yang berbasis komunitas,” jelas Erick.

Tujuan besar dari program vaksinasi nasional Covid-19 adalah terwujudnya kekebalan kelompok. Semua pihak perlu bersinergi dan berkolaborasi untuk dapat mengakselerasi program vaksinasi sehingga kekebalan kelompok bisa segera tercapai. Untuk menuju terbentuknya kekebalan kelompok, selain vaksinasi perlu tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)