Sepuluh Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Termasuk? | SWA.co.id

Sepuluh Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Termasuk?

Seorang karyawan tengah mengamati uang pecahan 100 dolar Amerika di penukaran valuta asing di Jakarta. Tempo/Tony Hartawan
Seorang karyawan tengah mengamati uang pecahan 100 dolar Amerika di penukaran valuta asing di Jakarta. Tempo/Tony Hartawan

Tahukah apa saja mata uang terendah di dunia? Penentuan tinggi atau rendahnya mata uang di dunia saat ini didasarkan pada nilai kurs mata uang tersebut terhadap Dolar AS. Mata uang Amerika Serikat saat ini memang menjadi acuan kurs mata uang bagi negara lainnya.

Nilai tukar mata uang di setiap negara bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari kondisi perekonomian negara, politik, hingga jumlah permintaan dan penawaran terhadap mata uang itu sendiri. Berikut daftar 10 negara yang nilai mata uang terendah.

10 Negara dengan Mata Uang Terendah di Dunia

Dilansir dari majalah Forbes, inilah 10 negara dengan nilai mata uang yang terendah di dunia pada periode Agustus 2023 lalu.

  1. Rial Iran (IRR)

Mata uang Rial milik negara Iran saat ini menjadi mata uang terendah nomor 1 di dunia. 1 Rial Iran hanya bernilai 0,000024 Dolar AS (nilai tukar 1 Dolar AS setara dengan 42.300 Rial Iran). Nilai ini tentunya sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Melemahnya nilai mata uang Iran disebabkan karena berbagai hal, salah satunya yaitu penghentian revolusi Islam sejak 1979 yang kemudian diikuti oleh penarikan investor asing dari negara tersebut. Selain itu, adanya sanksi ekonomi juga membuat mata uang Iran melemah.

  1. Dong Vietnam (VND)

Mata uang terendah selanjutnya yaitu Dong Vietnam yang bernilai 0, 000043 Dolar AS. Ini berarti, 1 Dolar AS setara dengan 23.485 Dong Vietnam. Melemahnya nilai mata uang Vietnam juga dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Penyebabnya yaitu adanya pasar real estate yang buruk dan juga adanya pembatasan investasi asing. Hal ini juga diperparah dengan perlambatan aktivitas ekspor yang baru-baru ini terjadi di negara tersebut.

  1. Leone Sierra Leone (SLL)

Sierra Leone merupakan salah satu negara di benua Afrika yang memiliki mata uang terendah di dunia. Per Agustus 2023, nilai tukar 1 SLL setara dengan 0,000051 USD (1 USD = 21.786 SLL)

Hal ini disebabkan karena adanya inflasi yang tinggi melebihi 43% pada bulan April 2023 lalu. Selain itu, kondisi ini juga diperparah oleh konflik dan wabah virus Ebola yang menyebar di berbagai wilayah Afrika dan menghambat pertumbuhan ekonomi Sierra Leone.

  1. Kip Laos (LAK)

Mata uang dengan nilai terendah keempat dipegang oleh mata uang negara Laos, dimana 1 Kip Laos bernilai 0,000057 Dolar AS (1 Dolar = 17.692 Kip Laos). Salah satu penyebab lemahnya mata uang ini adalah pertumbuhan ekonomi yang lambat dan beban utang luar negeri.

  1. Rupiah Indonesia (IDR)

Siapa sangka, Indonesia termasuk salah satu negara dengan nilai mata uang yang rendah di dunia. Nilai tukar 1 Rupiah setara dengan 0.000063 USD (1 USD = 15.900 Rupiah), di mana nilai ini bisa berubah sesuai dengan nilai kurs yang berlaku.

Penurunan nilai mata uang Rupiah terhadap Dolar AS dipengaruhi oleh defisit neraca perdagangan, inflasi, beban utang luar negeri, hingga pandemi Covid-19 yang terjadi beberapa tahun silam dan menghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

  1. Pound Lebanon (LBP)

Nilai mata uang terendah di dunia selanjutnya yaitu mata uang yang berasal dari negara Lebanon. Nilai 1 Pound Lebanon setara dengan 0,000067 Dolar AS, sehingga 1 Dolar AS senilai dengan 14.994 Pound Lebanon.

  1. Som Uzbekistan (UZS)

Mata uang Som dari Uzbekistan menjadi mata uang terendah yang berada di urutan ke-7. Mata uang ini memiliki nilai yang setara dengan 0,000087 Dolar AS. Adanya pandemi Covid-19, inflasi yang tinggi dan kurangnya transparansi membuat mata uang Uzbekistan semakin lemah.

  1. Franc Guinea (GNF)

Republik Guinea adalah negara yang terletak di Afrika Barat dan menjadi negara dengan nilai mata uang terendah di dunia. Mata uang Franc Guinea setara dengan 0,00012 Dolar AS. Ini berarti 1 USD memiliki nilai yang setara dengan 8.573 GNF.

  1. Guarani Paraguay (PYG)

Di posisi selanjutnya adalah mata uang negara Paraguay yaitu Guarani. Berdasarkan konversi mata uang, nilai 1 Guarani adalah 0,00014 Dolar AS. Sehingga, konversi 1 Dolar AS setara dengan 7.252 PYG.

  1. Shilling Uganda (UGX)

Mata uang Shilling dari Uganda menjadi negara dengan nilai mata uang terendah yang berada di posisi ke-10. Saat dikonversi ke Dolar AS, 1 Shilling Uganda memiliki nilai sebesar 0,00027 Dolar AS (1 USD = 3.764 UGX).

Demikian pembahasan lengkap mengenai mata uang terendah di dunia yang harus dipahami. Bisa dilihat bahwa Dolar AS sampai saat ini masih digunakan sebagai acuan untuk menentukan kurs negara-negara lainnya. 

Sumber: Tempo.co

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)