Serius Garap Segmen Paska Bayar, XL Axiata Bangun Gerai Khusus

photo by Hendra Syaukani photo by Hendra Syaukani

Segmen paskabayar memang saat ini harus digarap serius meski, secara jumlah pelanggan masih kecil prosentasenya daripada segmen prabayar. Namun, pelanggan paskabayar memiliki ARPU (average revenue per user) bisa 3-4 kali lebih pelanggan pra bayar. Inilah yang membuat PT XL Axiata Tbk (XL) mulai serius menggarap segmen paskabayarnya dengan mendirikan XL Prioritas Center, gerai khusus untuk melayani pelanggan paska bayar mereka.

Bertempat di Grand Indoensia, XL Prioritas Center pertama diluncurkan oleh Presiden Direktur & CEO XL, Dian Siswarini, dan dihadiri salah satu brand ambassador XL Prioritas, Hamish Daud pada Rabu (14/12). Menurut Dian, layanan XL Prioritas memiliki peran yang strategis XL dalam berkompetisi dengan operator lainnya guna memenangkan hati pelanggan. Saat ini pihaknya terus berbenah untuk meningkatkan kualitas layanan, termasuk untuk menyediakan berbagai kemudahan bagi pelanggan untuk dapat menikmati layanan ini. “Dan salah satu kemudahan ini, kami wujudkan melalui penyediaan XL Prioritas Center sebagai satu-satunya pusat layanan pelanggan pascabayar di Indonesia. Kami berharap dengan adanya fasilitas ini, juga akan mendorong meningkatnya loyalitas pelanggan dalam menggunakan layanan pascabayar. Sejak layanan Prioritas diluncurkan kembali, pelanggan pascabayar kami telah meningkat lebih dari 21% dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Dian.

Pelanggan paska bayar XL saat ini 600 ribu, dengan konsumsi data yang cukup tinggi, sekitar 4-6 Gb dengan ARPU Rp 290-300 ribu per bulan. Dengan dibukannya XL Prioritas Center, diharapkan juga pelanggan mau menggunakan gadget 4G agar bisa menikmati jaringan 4G XL lebih maksimal. Hingga Oktober 2016, total pelanggan pascabayar meningkat lebih dari 21 persen dibandingkan total pelanggan pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Akuisisi oleh PRIORITAS telah meningkat. Sebelumnya, tingkat akuisisi sekitar 2.000 pelanggan per bulan. Setelah diluncurkan kembali pada akhir Januari 2016 lalu sebagai Prioritas, akuisisi pelanggan terus meningkat, dan hingga November 2016 ini mencapai sekitar 11 ribu pelanggan per bulan.

Seriusnya XL dalam menggarap segmen ini, selain menyediakan gerai khusus untuk pelanggan prioritasnya ini, juga dengan membentuk tim khusus untuk mengelola segmen ini. Sebelumnya tim khusus tidak ada, jadi pelanggan paskabayar dan prabayar dikelola oleh tim yang sama. Bulan Januari atau Februari 2017, akan kembali dibuka XL Prioritas Center di daerah Jakarta Selatan.

Yang membedakan Gerai XL Center yang sudah ada selama ini dengan XL Prioritas Center, gerai khusus ini memberikan suasana premium dalam melayani pelanggan paska bayar dan masyarakat yang ingin mengenal lebih dalam layanan ini. Di tempat ini, juga tersedia penawaran beragam gadget dan informasi yang bisa membantu pelanggan Prioritas untuk bisa memaksimalkan manfaat layanan pascabayar dari XL. Di pusat layanan eksklusif tersebut, pelanggan dapat mendaftar nomor baru pascabayar atau meng-upgrade nomor prabayar menjadi PRIORITAS. Tersedia promo bagi pelanggan yang hendak meng-upgrade ke gadget terbaru, bisa mendapatkan cashback hingga Rp 6 juta. Khusus periode pembukaan XL PRIORITAS Center antara 6 - 20 Desember 2016, XL memberikan tambahan cashback hingga mencapai Rp 7 juta.

Selain itu, XL menjamin kualitas layanan bagi setiap pelanggan PRIORITAS dengan sejumlah program, antara lain prioritas penggunaan jaringan 4G LTE (Priority Network), gratis 10 digit nomor cantik (Nice Number), serta menelpon dan SMS “bebas khawatir” (Worry-FreeTM) ke semua operator di Indonesia (AnyNetTM). Manfaat lain berupa roaming “bebas khawatir” dengan PRIO Pass sehingga kuota internet yang dimiliki dapat digunakan di luar negeri, kendali penggunaan dengan Spend Limit, serta pengaturan yang mudah dengan aplikasi “myXL Postpaid”.

Hamish Daud sebagai brand ambassador XL Prioritas yang baru merasakan pentingnya jaringan yang kuat dan layanan khusus untuk menjaga kelancaran pekerjaannya. “Pekerjaan saya traveling dan ada bisnis arsitektur juga yang mengharuskan saya kirim gambar dimanapun. Maka itu, jaringan prioritas ini penting buat saya untuk kelancaran pekerjaan saya,” tutur pria adventurer ini. Dengan layanan yang diberikan ia meyakini, pekerjaannya jauh lebih lancar dengan menjadi pelanggan XL Prioritas. Hamish melengkapi sosik Dian Sastrowardoyo yang telah menjadi Brand Ambassador sejak awal tahun 2016.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)