Sertifikasi B-Corp Danone Aqua Dukung Perubahan Sosial

Komitmen Danone sebagai perusahaan FMCG yang akan tersertifikasi B-Corp.

Pelaku bisnis memiliki tanggung jawab sebagai agen perubahan untuk dunia lewat bisnis yang mereka jalankan. Usaha yang mereka jalankan dipercaya menjadi kekuatan untuk megatasi masalah sosial dan lingkungan yang terjadi di sekitar.

Hal inilah yang mendorong B-Lab, organisasi non profit, membuat standar sertifikasi kinerja sosial dan lingkungan serta transparansi dan akuntabilitas untuk pelaku bisnis. Tujuannya untuk memberikan kemampuan pelaku bisnis sebagai agen perubahan di lingkungan tempat mereka menjalankan usahanya. Menurut Marcello Palazzi, B-Lab Global Ambassador, sertifikat B-Corp yang dikeluarkan oleh B-Lab akan menjadi standar bagi pelaku bisnis untuk memenuhi tata kelola yang baik untuk perusahaan.

“Dengan sertifikasi B-Corp, pelaku bisnis di dunia akan bersaing memberikan yang terbaik untuk dunia yang dapat digunakan masyarakat untuk kepentingan dalam menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan,” ungkap Marcello.

Untuk mendapatkannya, pelaku bisnis harus melewati proses audit oleh B-Lab. Dukungan kepada pelaku bisnis juga diberikan B-Lab seperti membangun komunitas global, menyediakan fasilitas sumber daya & lembaga hukum, dan melakukan B-Impact Assesment .

“Setiap perusahaan harus memiliki standar yang cukup tinggi dalam hal tanggung jawab sosial dan prestasi dalam menjaga lingkungan, transparan dan harus bertanggung jawab akan bisnis yang dilakukan,” jelas Corey Lim , Vice Chairperson Asia Pasific B Corp Association. Salah satu perusahaan FMCG global, Danone juga telah berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang akan tersertifikasi B-Corp. Danone bermitra dengan B -Lab untuk menguatkan kembali komitmen bisnis yang sejalan dengan kemajuan sosial dan lingkungan.

Upaya yang dilakukan Danone sejalan dengan tumbuhnya kesadaran konsumen untuk memilih produk yang diproduksi oleh perusahaan yang bertanggung jawab. Berdasarkan survei yang dilakukan Danone memperlihatkan bahwa 60% konsumen lebih memilih membeli barang dan jasa dari entitas bisnis yang melakukan sesuatu untuk dunia. Sebanyak 51% konsumen juga mengatakan bahwa mereka ingin mengetahui apa saja aksi korporasi dari sebuah bisnis untuk kebaikan di balik brand mereka.

“Danone berusaha mendorong bisnis unitnya untuk mendapatkan sertifikasi B-Corp mengikuti Danone Eropa dan Amerika. Di Indonesia, Danone-Aqua sedang dalam proses sertifikasi B-Corp, dan diharapkan selesai di awal tahun 2018,” ujar Corine Tap, Presiden Direktur Danone-Aqua. Bagi Danone, meraih sertifikasi B-Corp searah dengan visi misi “One Planet One Health” yang menunjukan kontribusi terhadap Alimentation Revolution (Revolusi Pangan) dengan cara menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat serta mempertahankan kesinambungan bumi.

“Harapannya, semakin banyak pelaku bisnis yang peduli akan kehidupan yang berkelanjutan, maka dunia akan tercipta menjadi lebih baik. Masyakarat akan semakin menikmati kemakmuran dan indahnya hidup bersama satu dengan yang lainnya antara ekosistem kehidupan,” lanjut Corine. Partisipasi Danone-Aqua dalam proses sertifikasi B-Corp ini diharapkan dapat menggugah pelaku bisnis lainnya di Indonesia untuk menjadi bagian dari gerakan perubahan ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)