Sertifikasi ISO Memacu SMF Meningkatkan Kualitas Pelayanan

SMF menerima sertifikasi ISO 9001:2015 dari Sucofindo. (Foto : Istimewa)

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015 atas kegiatan operasional dan penyelesaian transaksi dari PT Superintending Company of Indonesia (Persero) atau PT Sucofindo (Persero). Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo, mengatakan bahwa diraihnya sertifikasi ISO 9001:2015 tersebut menegaskan komitmen SMF sebagai entitas yang terjaga kualitas mutu kegiatan operasional dan penyelesaian transaksinya kendati di tengah pandemi Covid-19,  sehingga dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan badan standar dunia.

Dia menyebutkan sertifikasi ISO merupakan bagian dari komitmen SMF untuk memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan mulai dari pelanggan, mitra hingga pemegang saham dengan penerapan mutu yang terstandar dan berkualitas. “Dengan adanya ssertifikat ISO ini SMF menunjukkan bahwa perseroan terus berusaha meningkatkan standar mutunya untuk produk maupun layanannya," ucap Ananta di Jakarta, Rabu (23/6/2021).

Lembaga sertikasi ternama di Indonesia, Sucofindo memberikan sertifikasi kepada SMF pada April 2021 dengan tanggal sertifikat ISO 9001:2015 yang berlaku sejak 3 Juni 2021. Sertifikasi tersebut diraih dengan melewati serangkaian proses analisa yang dilakukan oleh Sucofindo pada kegiatan operasional serta penyelesaian transkasi di SMF sesuai dengan persyaratan dalam ISO 9001:2015.

Hasil dari analisa tersebut kemudian menjadi dasar room improvement untuk meningkatkan proses kerja di SMF yang telah telah teruji baik sehingga memenuhi standar yang telah ditetapkan ISO 9001:2015. Sejatinya ISO 9001:2015 merupakan  standar Sistem Manajemen Mutu (SMM) Quality Management System (QMS) yang merupakan kesatuan dari berbagai proses dalam melakukan perencanaan, pengelolaan dan pengaturan yang bertujuan memenuhi persyaratan pelanggan (internal maupun eksternal).

Ananta optimistis dengan diraihnya sertifikasi ini SMF dapat semakin mengoptimalkan mutu layananya kepada para pemangku kepentingan yang selama ini telah tejaga dengan baik. Hal tersebut sejalan dengan rencana bisnis SMF sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuang dalam rangka mendukung percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya di sektor perumahan yang berkesinambungan dari sisi permintaaan (supply)dan permintaan (demand) yang kini sedang terdampak pandemi.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)