Server IBM Ini Dirancang untuk Artificial Intelligence

IBM meluncurkan generasi terkini yang menggabungkan prosesor POWER9 yang baru dirancang. Dibangun khusus untuk beban kerja Artificial Intelligence (AI) yang intensif, sistem POWER9 yang baru mampu meningkatkan masa pelatihan kerangka belajar yang mendalam hingga hampir 4x dan memungkinkan perusahaan untuk membangun aplikasi AI yang lebih akurat serta lebih cepat.

POWER9-based AC922 Power Systems yang baru adalah yang pertama menanamkan PCI Express 4.0, NVIDIA NVLINK dan OpenCAPI generasi berikutnya, yang dikombinasikan dapat mempercepaARMONKt pergerakan data, dihitung pada kecepatan 9.5x lebih cepat dibanding PCI-E 3.0 yang berbasis x86.

Sistem ini dirancang untuk mendorong peningkatan kinerja yang dapat ditunjukkan melalui kerangka kerja AI yang populer seperti Chainer, TensorFlow dan Caffe, serta database yang dipercepat seperti Kinetica Akibatnya, ilmuwan data bisa membangun aplikasi lebih cepat, mulai dari wawasan belajar yang mendalam dalam penelitian ilmiah, deteksi penipuan real-time dan analisis risiko kredit.

"POWER9 merupakan inti dari superkomputer intensif data terkuat di dunia, superkomputer "Summit" dan "Sierra" dari Departemen Energi AS, dan telah digunakan oleh Google."Google sangat antusias dengan kemajuan IBM dalam pengembangan teknologi POWER terbaru," kata Bart Sano, VP Platform Google. Ia mengatakan, dengan Bus POWERC OpenCAPI POWER9 Google semakin mantap untuk berinovasi. Kemampuan memori yang besar memungkinkan kesempatan lebih jauh untuk berinovasi di pusat data Google.

Sementara itu Bob Picciano, SVP dari IBM Cognitive Systems, mengatakan, IBM telah telah membangun pembangkit tenaga listrik yang dapat mengubah permainan untuk beban kerja AI dan kognitif. Selain mempersenjatai superkomputer paling kuat di dunia, IBM POWER9 Systems dirancang untuk memungkinkan perusahaan-perusahaan di seluruh dunia untuk mengukur lebih mendalam yang belum pernah terjadi sebelumnya, mendorong penemuan ilmiah yang memungkinkan hasil bisnis transformasional di setiap industri.

Deep learning adalah metode pembelajaran mesin yang berkembang pesat yang mengekstrak informasi dengan menguraikan melalui jutaan proses dan data untuk mendeteksi dan menentukan peringkat aspek data yang paling penting

Untuk memenuhi permintaan industri yang berkembang ini, empat tahun yang lalu IBM mulai merancang chip POWER9 pada selembar kertas kosong untuk membangun arsitektur baru untuk mengelola data, sensor streaming dan algoritma streaming data AI dan beban belajar yang mendalam di Linux.

IBM  mengklaim sebagai satu-satunya vendor yang dapat menyediakan infrastruktur bagi perusahaan yang menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak mutakhir dengan inovasi open source terbaru. Dengan PowerAI, IBM telah mengoptimalkan dan menyederhanakan penyebaran kerangka pembelajaran dan perpustakaan yang mendalam pada arsitektur Power dengan percepatan, sehingga ilmuwan data dapat berdiri dan berjalan dalam hitungan menit.

Era AI lebih dari sekadar kekuatan proses yang luar biasa dan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya; Ini juga menuntut ekosistem terbuka dari perusahaan inovatif yang menghadirkan teknologi dan peralatan. IBM berfungsi sebagai katalis bagi inovasi untuk berkembang, mendorong masyarakat yang terbuka dan berkembang pesat dengan lebih dari 300 anggota OpenPOWER Foundation dan OpenCAPI Consortium.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)