Setahun di Indonesia Pops Worldwide Hubungkan Brand dengan Kreator Lokal

Tahun 2021 ini, perusahaan penyedia hiburan berbasis digital Pops Worldwide memasuki satu tahun perjalanannya sejak September 2020 lalu. Selama periode tersebut Pops Worldwide telah bekerja sama dengan lebih dari 80 konten kreator lokal dan mencatatkan lebih 500 juta views di kanal YouTube sebagai bentuk kontribusi dalam industri hiburan digital.

Selain itu,  Pops Worldwide telah aktif berkolaborasi dengan 50 brand  ternama di Indonesia dalam menggelar 80 kampanye yang menjembatani komunikasi pesan suatu brand melalui kolaborasi bersama para konten kreator lokal.

Mengomentari ulang tahun tahun pertama Pops Worldwide Indonesia, Esther Nguyen sebagai Pendiri & CEO Pops Worldwide menjelaskan, hanya dalam waktu satu tahun operasi telah mencapai banyak prestasi. “Kami  dapat membangun posisi sebagai salah satu pelaku industri penting dalam periode yang relatif singkat. Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi kami dan kami harap dapat melanjutkan sukses berkelanjutan bersama para mitra,” ujar Esther dalam keterangannya (21/9/2021).

Pengalaman Pops Worldwide di industri hiburan digital Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, Indonesia, dan Singapura membuat mereka menyadari profil akan masyarakat digital ready. Olehkarena itu, Pops Worldwide menerapkan pendekatan berskala dan multikanal yang melibatkan platform pihak ketiga seperti YouTube, Facebook Spotify, Instagram, dan TikTok. Hal ini menjadi faktor pendorong keterhubungan antara brand dan konten kreator lokal semakin kuat dan saling menyokong satu sama lain.

Melihat dari sisi konten kreator, mereka dapat menyampaikan manfaat dari strategi komunikasi seperti kampanye yang diadakan brand_kepada audiens mereka. Di sisi lain, brand dapat menyampaikan pesan komunikasi mereka secara lokalisasi yang dibuat menyesuaikan format, sarana, dan konsep paling tepat. Pops saat ini telah berkolaborasi dengan lebih dari ribuan konten kreator lokal yang dapat mencakup seluruh target audience yang dibutuhkan oleh brand, mulai dari segmen makro, mikro, hingga nano influencer.

“Pencapaian yang menggembirakan bagi Pops Worldwide. Dalam kurun waktu satu tahun di Indonesia kami dapat bekerja sama dengan banyak top creator & brand. Ke depannya Pops berambisi untuk menjadi  'number 1 digital entertainment company' di Indonesia, selain fokus pada market millennial & gen Z. Pops juga sangat mengedepankan hyperlocal content_sebagai strategi pertumbuhan di Indonesia," ujar Country Manager Pops  Worldwide Indonesia, Zico Kemala Batin.

Saat ini Pops Worldwide sudah membangun aset sumber daya digital dengan berkolaborasi lebih dari 1.200 konten kreator yang termasuk beberapa nama besar di dunia hiburan Indonesia seperti Titi & Tian, Nikita Willy, DJ Desa, Alter Ego & Rizky Riplay. Luasnya jaringan konten kreator yang dimiliki Pops Worldwide memberi mereka kompetensi dan kemampuan pemilihan konten kreator paling tepat bagi setiap brand baik di industri manapun, mulai dari telekomunikasi XL, perbankan BCA, Mandiri, elektronik konsumen Oppo dan masih banyak lagi.

Mengomentari pencapaian Pops selama satu tahun, Bani Tan sebagai Regional Director Pops Worldwide mengungkapkan bahwa satu tahun ini bukan merupakan perjalanan mudah di mana semua pihak terdampak dan hal ini membawa tantangan bagi siapapun.

“Kami memulai perjalanan di Indonesia dengan tim kecil yang sekarang telah berkembang lebih besar. Country Head Indonesia Zico, dan tim luar telah membuat perjalanan yang tampaknya tidak mungkin ini menjadi mungkin. Kami telah bermitra dengan berbagai konten kreator, menjalankan berbagai kampanye dengan brand serta  memberdayakan influencer lokal sekaligus bertumbuh bersama,” jelas Bani.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)