Sharp Targetkan Kuasai Pasar LED TV 20%

Sharp Indonesia mendapat dukungan kuat dari Foxconn untuk memimpin pasar televisi LED dengan target penguasaan pasar sebesar 20 persen. "Kami di-support Foxconn untuk mencapai target tersebut," kata Senior GM Penjualan Nasional PT Sharp Electronics Indonesia (SEID), Andri Adi Utomo.

Foxconn merupakan perusahaan elektronik asal Taiwan yang mengakuisisi Sharp Corporation Jepang tahun lalu. Andri mengatakan, tahun ini SEID menargetkan penjualan lebih dari 1,3 juta televisi LED di Indonesia.

Untuk mencapai target ambisius itu, Sharp membawa televisi berteknologi canggih dengan ukuran besar di atas 32 inci untuk masuk pasar Indonesia, terutama di perkotaan. "Kami semakin serius menggarap pasar big tv terutama untuk masyarakat urban," ujar Andri.

Dengan tagline "Upsizing your TV," Sharp Indonesia meluncurkan easy smart tv yang didalamnya dibenamkan berbagai fitur canggih, seperti X4 Master Engine yang membuat gambar lebih jernih dan kaya warna, serta fitur MHL (Mobile High Definition Link) yang mampu menyinkronisasi konten pada telepon selular ke layar televisi.

Diakui Andri pasar televisi LED pintar (smart tv) ukuran besar mulai dari 40 inci sampai 60 inci yang dibidik Sharp tidak besar. "Pasar smart tv masih kecil, hanya 9 persen, namun terus tumbuh," katanya.

Tahun lalu, meskipun kontribusi pasar smart tv hanya sembilan persen, namun produk tersebut menyumbang 27 persen dari total nilai penjualan televisi secara nasional yang mencapai Rp3,3 triliun.

Potensi pasar yang besar dan cenderung tumbuh seiring dengan pertambahan kelas menengah di Indonesia, serta jaringan internet yang meluas membuat Sharp Indonesia optimis pasar easy smart tv yang diusungnya bakal terus meningkat.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)