Shell Tawarkan Kemitraan SPBU Modular Mulai Rp 1,5-2 Miliar

Untuk memperluas jangkauannya, PT Shell Indonesia menawarkan skema kemitraan membangun stasiun pengisian bahan bakar melalui program Dealer Owned Dealer Operated (DODO). Dengan biaya investasi sekitar Rp1,5 - 2 miliar, para mitra sudah dapat membangun SPBU Shell Modular.

Head of Dealer Own Network Shell Indonesia, Agung Saputra mengatakan, SPBU Shell Modular dirancang khusus untuk kota-kota lapis kedua/berpenduduk sedang agar dapat menjangkau masyarakat di luar kota besar. Kemitraan ini menargetkan pengusaha daerah yang ingin memiliki dan mengoperasikan bisnis SPBU.

"Jika dibandingkan dengan negara terdekat, pengembangan SPBU di Indonesia masih tertinggal. Itulah kenapa Shell mencoba untuk menyalurkan BBM nonsubsidi ke kota lapis kedua, makanya kita memiliki model modular," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual (05/05/2021).

SPBU Shell Modular pertama di Indonesia didirikan di Jombang, Jawa Timur, pada April 2019. Saat ini, jumlah SPBU Shell Modular di Indonesia meningkat 5 kali lipat menjadi 5 unit SPBU yang tersebar di Jombang, Cirebon, Karawang, Bogor (Pasir Angin), dan Serang Barat.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, SPBU ini akan memiliki ukuran kontainer sebesar 20 feet dengan volume tangki BBM 12.000 liter. Adapun estimasi pengunjung sekitar 150 - 250 kendaraan/hari. Ia juga menjamin standar keamanan SPBU karena sudah tersertifikasi internasional UL 2085 & UL 142.

Untuk memiliki SPBU Shell Modular ini, pengusaha cukup memiliki luas area lahan seluas 1.100-1.300 meter persegi dengan lebar lahan 25 meter. Selanjutnya akan dilakukan analisa kelayakan dan potensi keuntungan bisnis dari lahan yang tersedia bersama Shell, serta penjelasan peran dan dukungan Shell.

Kemudian penandatanganan perjanjian pengadaan bahan bakar dilanjutkan diskusi persiapan pembangunan, pelatihan opersional, dan rencana pembukaan SPBU. Shell akan memberikan dukungan konsultasi dalam persiapan pembangunan SPBU, termasuk untuk perizinan, desain dan proses pembangunan SPBU.

Shell juga akan memberikan bantuan pelatihan teknis baik teori dan praktek tanpa biaya tambahan, disertai dukungan program marketing hingga saatnya SPBU siap beroperasi. "Melalui program ini, pembukaan SPBU lebih cepat hanya sekitar 2 bulan," lanjutnya.

Shell juga memberikan kesempatan kepada mitra untuk mendapatkan pemasukan tambahan di luar penjualan BBM dengan mendirikan bisnis Non Fuel Retail (NFR) seperti convenience store, restoran, coffee shop, ATM, laundry. Jumlah SPBU Shell di bawah program DODO mencapai 20 SPBU hingga kuartal pertama 2021 ini. Saat ini, total jumlah SPBU Shell secara keseluruhan di Indonesia adalah 144 SPBU.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)