Shopee Mall Gaet 500 Brand Ternama

Mengutip catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika, pemerintah menargetkan Indonesia akan menjadi lahan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2020 mendatang, dengan meraup angka transaksi hingga US$ 130 miliar.

Target ini membuat pemerintah kian gencar dalam mendukung pengembangan ekosistem bisnis e-commerce di Indonesia. Target, dukungan, dan tingginya angka penggunaan internet di Indonesia yang mencapai angka 132 juta inilah yang membuat platform e-commerce asal Singapura, Shopee, percaya diri untuk mengembangkan segmen bisnisnya ke platform premium, Shopee Mall.

Shopee Mall diluncurkan di Jakarta (9/11/2017) dengan menyediakan ribuan produk dari 500 brand dari dalam dan luar negeri, seperti Huawei, Oppo, P&G, Unilever, dan XL. Handika Jahja, Head of Marketing Shopee, menyatakan, Peluncuran ini merupakan langkah penting bagi Shopee untuk menjadi pemimpin industri e-commerce dan menjadi destinasi belanja online yang lengkap dan menyeluruh.

Platform ini dibuat untuk menyinergikan peran e-commerce dan brand yang keduanya sama-sama saling membutuhkan dalam ekosistem bisnis e-commerce. “Platform e-commerce saat ini telah menjadi channel revenue tambahan bagi para brand. Hal ini merupakan dampak dari pesatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia,” kata Handika .

Handika melihat adanya peningkatan kebutuhan konsumen untuk membeli brand-brand authorized dalam satu platform. Selain itu, pihaknya juga melihat adanya kebutuhan brand untuk meningkatkan penjualan e-commerce, tanpa menurunkan mutu brand value mereka. "Kami mencoba untuk menjembatani hal ini, sekaligus menjawab perkembangan behavior masyarakat dalam membeli authorized brand ternama," ujarnya.

Seperti halnya marketplace Shopee, platform premium ini akan memberikan gratis pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, selain itu, platform juga menyediakan layanan asuransi selama 7 hari. "Benefit lainnya adalah barang yang kami jual di Shopee mall 100% original, apabila diketahui barang palsu, maka kami akan mengembalikan uang sebanyak 2x lipat dari harga pembelian,” kata dia.

Saat ditanya mengenai kanibalisme yang akan terjadi diantara marketplace dan Shopee Mall, Handika menjelaskan pihaknya akan menjalankan dan mengembangkan kedua platform secara beriringan. “Dua-duanya akan menjadi prioritas kami. Shopee Mall hadir untuk meluaskan segmen kami, khususnya untuk konsumen yang mencari brand-brand resmi ternama," ujar Handika.

Selain diluncurkan di Indonesia, Shopee Mall juga diluncurkan di wilayah yang menjadi target utama ekspansi bisnis Shopee, seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thialand, dan Vietnam.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)