Shopee Rumahkan 3% Karyawan, Pakar: Winter Bisnis Startup is Coming

Ilustrasi Shoppe Indonesia (Foto Istimewa).
Ilustrasi Shoppe Indonesia (Foto Istimewa).

Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi melihat fenomena pemutusan hubungan kerja atau PHK di perusahaan startup mengindikasikan berlanjutnya musim dingin alias winter pada industri tersebut.

"Istilah winter untuk bisnis startup is coming. Memang sedang menggelayuti bisnis startup," ujar Heru saat dihubungi pada Senin, 19 September 2022. 

Baru-baru ini, Shopee Indonesia mengumumkan PHK terhadap 3 persen karyawannya. Sedangkan sebelumnya, Zenius, LinkAja, hingga JD.ID menyampaikan kondisi serupa.

Heru menuturkan startup menghadapi beban berat di tengah kondisi ekonomi global saat ini. Perusahaan-perusahaan rintisan yang belum naik kelas menjadi unicorn atau decacorn diperkirakan menghadapi risiko gugur yang lebih tinggi. 

Dalam situasi keuangan yang menantang, perusahaan mesti mengurangi fasilitas karyawan hingga memutuskan PHK. Perusahaan juga mulai merekrut karyawan baru dengan gaji yang lebih kecil ketimbang standar sebelumnya. 

"Jadi yang sudah unicorn atau decacorn akan mulai IPO. Sementara yang belum, ini akan berat. Harus efisiensi atau ya mundur teratur," katanya. 

Jalan terjal untuk bisnis startup, Heru melanjutkan, akan terjadi sampai dua tahun ke depan. Kendati begitu, ia tak menampik perusahaan rintisan anyar masih bakal bermunculan. Namun, perusahaan-perusahaan tersebut akan banyak berfokus pada industri 4.0. 

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)