ShopeePay Dukung Pegiat Bisnis Jajal Waralaba di Tahun 2021

Menyambut tahun 2021, penyedia layanan pembayaran digital ShopeePay, mengajak para pegiat bisnis untuk menumbuhkan bisnisnya lebih besar lagi di tahun yang baru ini melalui berbagai peluang termasuk bisnis waralaba (franchise).

Hal ini disampaikan dalam ShopeePay Talk yang bertema “Sukses di Tahun 2021 Lewat Bisnis Franchise”, yang menghadirkan para pebisnis waralaba CEO & Pendiri Sour Sally Group Donny Pramono Ie, CMO PT Otewe Maju Bersama (Bakwan Day) Tjoek Widharyoko, serta Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari.

Dalam diskusi disampaikan bahwa Indonesia mempunyai daya tarik potensi pasar di peringkat kelima dunia dari total 131 negara, Indonesia juga berada di peringkat sepertiga teratas daya tarik waralaba (data International Franchise Attractiveness dari University of New Hampshire).

Donny mengatakan, bagi mereka yang ingin menjadi mitra waralaba salah satu keuntungan bisnis waralaba dibandingkan membuat produk sendiri adalah dapat membangun jaringan bisnis dengan waktu yang relatif singkat namun dengan modal, risiko dan investasi SDM yang minim, serta tidak perlu lagi melakukan testing produk dan sebagainya karena banyak orang sudah mengenal merek tersebut.

“Bisnis franchise merupakan salah satu pilihan yang memiliki peluang cukup besar. Selain dapat membantu ekspansi bisnis, franchise juga dapat membantu untuk menjangkau lebih banyak konsumen dengan waktu yang relatif singkat,” ujarnya.

Menurut Donny, ada 4 hal yang harus diperhatikan jika ingin membuka bisnis waralaba. Pertama adalah produk. Produk harus berkualitas, unik, dan dapat diterima calon pelanggan. Kedua adalah brand awareness. Bisa memanfaatkan media sosial, endorsement atau berpartner, dan menggelar promo. Ketiga, manajemen. SOP harus dibuat sesimpel mungkin agar bsia terintegrasi dengan semua sistem dan tidak membuat repot para mitra. Keempat, hitung-hitungan yang masuk akal. Artinya, jumlah produk yang dijual dengan biaya sewa harus ideal.

Sementara itu Tjoek Widharyoko, dalam paparannya mengatakan, langkah awal dalam memulai bisnis franchise adalah melihat minat, kebiasaan masyarakat dan peluang agar bisnis yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, bahkan menjadi solusi kehidupan sehari-hari.

“Bisnis yang berada di bawah naungan PT Otewe Maju Bersama berangkat dari kebutuhan konsumen akan makanan dan minuman yang enak, unik dengan harga terjangkau. Terbukti, dalam waktu singkat Bakwan Day sukses mencuri perhatian dan menjadi favorit konsumen,” ungkapnya.

Dalam hal ini, ShopeePay telah diadopsi oleh beragam gerai waralaba. Eka Nilam mengatakan, ShopeePay menjamin jangkauan digitalnya yang luas dapat mengimbangi area jangkauan bisnis waralaba

“Dengan mengadopsi pembayaran digital ShopeePay di setiap gerai franchise, kami bisa mendorong traffic secara online dan offline dengan merata ke seluruh gerai yang berada di lokasi terjauh sekalipun,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)