Shunda Plafon Memelopori Plafon PVC

Sejak dibesut tahun 2007, PT Shunda Sucai Indonesia (Shunda Plafon) awalnya memproduksi PVC yang juga menjadi produk pionir di Indonesia. Sebagai perusahaan lokal, Shunda Plafon pun menggunaka bahan baku lokal untuk produksinya.

Menurut Presiden Direktur PT Shunda Sucai Indonesia (Shunda Plafon), Cindy, produknya diciptakan atas kebutuhan masyarakat Indonesia yang hidup di iklim tropis yang saratt lembab ini. Tipe bahan plafon yang terbatas dan rentan dimakan rayap, akhirnya mendorong perusahaan  mengambil celah tersebut.

Cindy mengaku, produk Shunda Plafon berbahan dasar PVC menjadi pemimpin pasar  di kategorinya. Penguasaan pasar hampir mencapai 70% dengan rata-rata penjualan lebih dari 30% di tiga tahun terakhir. Sementara tahun 2010-2015, pertumbuhannya sebesar 100%.

Hingga akhir tahun 2018, manajemen Shunda Plafon menargetkan pertumbuhan minimal 30%. Inovasi produk dihadirkan dengan mengembangkan Shunda Wallboard, Shunda Panel, Shunda Flooring, dan yang terbaru adalah Shunda Roofing.

Agen distribusi tersebar  di 34 provinsi, satu provinsi diwakili satu agen. Namun ada beberapa wilayah yang dipecah karena terlalu luas, seperti Provinsi Bangka Belitung, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara. Total, Shunda Plafon memiliki kurang lebih 40-an agen. Untuk dealer, sampai saat ini lebih dari 200 di seluruh kabupaten di Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

Kontribusi penjualan terbanyak Shunda Plafon cukup merata di seluruh wilayah. Cindy memprediksi kontribusi terbesar di ke depan akan datang dari wilayah timur, seperti Papua, Sulawesi, Kalimantan. Menurutnya, daerah-daerah tersebut sedang banyak melakukan pembangunan. Shunda Plafon kini memiliki dua pabrik yang terletak di Dadap dan Pekanbaru-Riau, masing-masing meng-cover pasarnya.

Segemen pasar yang dibidik  adalah semua lapisan masyarakat, karena itu  perusahaan  menyediakan produk-produk yang lebih beragam dengan harga dari ekonomis hingga premium, dari rumahan hingga gedung. Produk yang ditawarkan diklaim memiliki keunggulan tahan air, tidak merambat api, anti rayap, desain yang stylish, bebas biaya perawatan, motif yang beragam, ramah lingkungan, dan cara pasangnya yang relatif mudah dan cepat.

Selain menyediakan produk yang bermutu dan menjaga kualitas, Shunda Plafon juga terus berinovasi untuk terus memenuhi permintaan pasar. “Kami adalah produk Indonesia, sehingga kami dapat menjamin ketersediaan produk kepada konsumen,” jelasnya. Menghadapi disrupsi yang terjadi saat ini, sejak tahun 2010 Shunda Plafon juga selalu mempromosikannya di beberapa TV nasional dan tahun ini di maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Selain itu, aktif dalam mengikuti pameran building dan material sejak tahun 2007.

Untuk strategi pemasaran digital, Shunda Plafon melakukan cara online melalui website. Sementara untuk menanggulangi pemalsuan produk, caranya memberikan edukasi kepada semua konsumen bahwa produknya asli dengan tanda laser di setiap label produknya.

 

Reportase: Anastasia Anggoro Suksmonowati

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)