Siap-siap Tiket Mudik Lebaran Sudah Bisa Dipesan

Tiket.com memberikan potongan Rp 30.000 untuk pemesanan tiket mudik kereta api tanggal 18-24 Februari 2019.

Hari Raya Idul Fitri memang masih sekitar tiga bulan lagi. Namun, tidak ada salahnya berburu tiket mudik dari sekarang. Beberapa agen travel online pun sudah memberikan promo tiket mudik yang bisa dipesan sejak H-90.

Co-founder dan Chief Marketing Officer Tiket.com, Gaery Undarsa, mengatakan, “Mudik ini memang sesuatu yang mungkin travel leader paling besar di Indonesia yang tidak ada di negara lain, dan ini unik."

Gaery menambahkan, penjualan tiket Lebaran ini tidak hanya menjadi momentum dimulainya pembelian tiket tetapi juga pengingat bahwa masyarakat sudah harus mempersiapkan dana.

“Masyarakat sudah bisa memulai menyisihkan gaji dan penghasilan sedini mungkin dengan memprediksi pengeluaran apa saja yang perlu disiapkan ketika mudik nantinya,” tambah Gaery.

Selain itu, menurut Gaery masyarakat juga harus mempersiapkan budget bulanan dengan memprediksi jenis-jenis pengeluaran. Hal ini membantu agar arus keuangan tidak sampai defisit selama bulan Ramadhan.

Namun, Tiket.com belum bisa memprediksi kapan pembelian tiket mudik bisa dilakukan di platform-nya. “Kami belum dapat konfirmasinya dari PT KAI, tapi get ready,” ujarnya.

Saat ini Tiket.com sudah memberikan promo potongan tiket kereta api sebesar Rp 30.000, yang berlaku untuk pemesanan semua rute dari tanggal 18-24 Februari 2019. Selain itu, ada benefit tambahan berupa makanan dan minuman gratis yang akan diberikan langsung pada saat keberangkatan oleh petugas kereta api.

Senior Transportation Manager Tiket.com, Nugroho Ari Wibowo, menyampaikan, pembelian kursi tiket kereta api tahun lalu naik sekitar 15% dari tahun 2017. Adapun, jumlah produk sewa mobil naik sebesar 80% dibanding tahun 2017.

Tiket.com pun optimistis tahun ini akan ada kenaikan pemesanan tiket mudik 3 kali lipat dari tahun lalu. “Kami percaya diri untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Untuk pertumbuhan tahun ini kereta secara overall 15-20%, kalau Tiket.com overall 3 kali lipat atau 300% dari tahun lalu,” kata Gaery.

Menurut Gaery, pihaknya telah mempersiapkan sistem dan kapasitas untuk mengantisipasi pelonjakan pemesanan.

“Saya percaya diri karena  sudah bekerja sama dengan beberapa pihak, yaitu Tiket.com sendiri infrastruktur, KAI dan medium di tengahnya network. Tiga hal ini harus bekerja sama. Selama lima tahun terakhir ini setiap tahun selalu review, dan secara pengalaman user itu lebih baik. Dari segi customer care juga kita ready 24 jam,” ujarnya.

Tiket.com mencatat, proporsi terbesar pemesanan masih dipegang oleh penerbangan sebesar 60%, kemudian hotel dan kereta api. Adapun rute yang paling banyak diminati selama mudik adalah Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Bandung, dan Bali.

“Menariknya karena mepet dengan liburan anak sekolah, biasanya sama liburan ke Bali, Bangka Belitung, dan destinasi-destinasi yang belum muncul sebelumnya,” kata Gaery.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)