Siasat Pengusaha Waralaba, Asosiasi, dan Regulator Meningkatkan UMKM di Pasar Global

UMKM mitra binaan PT Dahana (Persero) mengekspor perdana arang ke Arab Saudi pada September 2020. (Foto : Dahana)

Pelaku bisnis waralaba dan UKMM optimistis menyongsong pemulihan ekonomi serta menunggangi momentum terhadap tren positif konsumsi dan  mobilitas publik yang menuju kondisi pra pandemi. Presiden Direktur, Panorama Media, Royanto Handaya, menyampaikan masyarakat Indonesia secara de facto tidak terlalu terpengaruh dengan isu resesi 2023.

Alih-alih menahan pengeluaran konsumtif pada sektor sekunder yaitu gaya hidup & hiburan, justru kenyataan di lapangan menunjukan bahwa animo masyarakat semakin atraktif semenjak fase pasca-pandemi. “Hal ini di buktikan dengan padatnya beberapa gelaran festival musik maupun berbagai pameran di DKI Jakarta,” ujar Royanto dalam keterangannya seperti dilansir SWAonline, Kamis (10/11/2022).

Industri hiburan sukses di gelar membuktikan bahwa daya beli dan mobilitas masyarakat Indonesia masih tetap menunjukan reaksi positif tanpa terpengaruh isu-isu ekonomi yang sedang ramai diperbincangkan.

Tri Rahardjo, Ketua Umum Asosiasi Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), menyebutkan animo publik yang tinggi terhadap sektor sekunder saja disambut dengan baik oleh masyarakat, apalagi kebutuhan primer dari sandang, pangan dan papan yang akan terfasilitasi di Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) ke-19 yang berlangsung di Jakarta Convention Center pada 18–20 November 2022. “Tentu saja tidak kalah ramainya karena masyarakat juga dilandasi asas kebutuhan pengelolaan finansial yang lebih baik. Bisa dengan berwaralaba, berinvestasi atau mengembangkan bisnis pribadi dengan berbagai macam resources yang kami sediakan disana,” ungkap Tri.

Adapun, FLEI  thun ini menampilkan berbagai merek waralaba dan lisensi, diskusi dari pakar lokal hingga internasional yang diharapkan bisa memberikan motivasi kepada para pelaku usaha di Tanah Air untuk bisa berkiprah di kancah global.

Levita G. Supit, Vice Chairwoman Permanent Committee Franchising, Licensing & Network Marketing Kamar Dagang dan Industri Indonesia, menjabarkan tahun ini pihaknya menyediakan sejumlah program dengan tema-tema menarik seputar bisnis waralaba, lisensi dan peluang usaha lainnya yang sejalan dengan program pemerintah dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan dikalangan generasi muda, dan upaya pemerintah mendorong UMKM naik kelas. “Kami berharap program khusus ini dapat menambah wawasan baru, sekaligus memberikan update terkini seputar dunia waralaba agar dapat menumbuhkan pelaku usaha baru di Indonesia,” tutur Levita.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)