Simulasi Jelang Pembukaan Penerbangan Internasional

Kementerian Perhubungan melakukan simulasi pelayanan di terminal kedatangan internasional Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Simulasi tersebut dilakukan sebagai persiapan menjelang pembukaan penerbangan internasional di bandara ini.

"Kami bersama-sama melakukan pengecekan langsung dan melihat simulasi pelayanan di terminal kedatangan internasional di Bandara Ngurah Rai. Semua proses di bandara disimulasikan dengan detil, dan kami menilai semua sudah dipersiapkan dengan baik,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto dalam siaran pers (12/10/2021).

Beberapa fasilitas pelayanan telah tersedia dan beroperasi dengan baik di terminal kedatangan internasional. Fasilitas untuk mendukung protokol kesehatan pun telah tersedia seperti tempat pemeriksaan untuk penumpang dengan suhu >38 derajat celcius, tempat pemeriksaan dokumen kesehatan, 20 bilik untuk pengambilan sample Test  PCR, tempat pemeriksaan keimigrasian, Baggage Handling System, alat pengatur suhu ruangan, FIDS, tempat pemeriksaan kepabeanan dan Holding Area sebagai ruang tunggu hasil swab PCR, serta tempat duduk yang telah diberi jarak.

“Saya menghimbau kepada penyelenggara bandara dan stakeholders terkait untuk terus berkoordinasi dan bersama-sama menciptakan pelayanan yang terbaik. Hal ini penting dilakukan agar pada saat dibukanya nanti tidak ada hal-hal yang menghambat proses kedatangan penumpang," ujarnya menambahkan. Dia berharap seluruh elemen bandara dapat mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

Ke depan, Novie mengatakan akan terus memantau kondisi Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai sejak persiapan hingga pembukaan dan pelaksanaan penerbangan internasional. “Keberhasilan Bali akan menjadi rujukan bagi daerah-daerah lain untuk secara bertahap membuka pariwisata bagi pasar mancanegara," ujar Novie.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)