Sinar Mas Kembangkan Aplikasi Produksi Minyak Kelapa Sawit Sehat dan Bernutrisi

Dari kiri ke kanan: Celebrity Chef Nina Bertha, Chef Koko Hidayat dan Chef Kim Garry saat baking demo

Sinar Mas Agribusiness and Food, produsen global kelapa sawit dan produk turunannya yang terintegrasi dari hulu sampai hilir, kembali mengadakan kegiatan edukasi dan kampanye makanan lezat dan bernutrisi di Global Research and Development Centre Sinar Mas Agribusiness and Food, Marunda, Bekasi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai asosiasi makanan di Indonesia seperti Indonesia Pastry Alliance, UKM GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia) serta para pemilik dan chef dari gerai-gerai bakery ternama di Indonesia dengan menghadirkan pembicara ahli dari perusahaan maupun dari luar untuk memberikan informasi yang tepat dan jelas mengenai produk turunan kelapa sawit dan aplikasinya.

Menurut data yang dilansir oleh WHO, telah terjadi 500.000 kematian di dunia setiap tahunnya akibat penyakit jantung koroner dengan sebab utama konsumsi berlebihan makanan yang mengandung lemak trans. Oleh karena itu, WHO dengan gencar menyuarakan penghapusan trans-fat sebagai hasil produksi industri dari pasokan pangan global pada tahun 2023 yang didengungkan lewat kampanye REPLACE mulai tahun 2018 ini.

"Sejak 2016, kami telah menyempurnakan proses produksi kami dan mengembangkan  formula baru untuk menghindari lemak trans. Melalui teknologi yang ada, kami dapat menghadirkan produk bebas lemak trans yang lebih sehat untuk konsumen dan keluarga Indonesia", ungkap Dr. Paul Wassell, Head of Global R&D Innovation

Lemak kerap kali dipandang sebagai penyebab dari penyakit jantung koroner sehingga  dianggap sebagai sesuatu yang jahat. "Namun nyatanya lemak memiliki fungsi sebagai sumber energi, menjaga struktur sel, regulasi hormon dan juga untuk menjaga suhu tubuh dan melindungi organ penting. Lemak yang seringkali identik dengan penyakit jantung koroner adalah lemak trans (trans fat),” dr. Marya Haryono menjelaskan.

Produk dari Sinar Mas Agribusiness and Food seperti Filma Cooking Oil, Filma Good Fry dan Palmboom Margarine menurut Davy Djohan, GM Marketing Sinar Mas Agribusines and Food merupakan produk yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. "Namun demikian, kami tidak berhenti untuk berinovasi untuk memberikan pembaharuan maupun peningkatan formula bagi produk-produk kami. Sejak tahun 2016, kami mulai memperbaharui produk-produk kami agar lebih sehat dan saat ini, semua produk produksi baru kami sudah bebas lemak trans,” tambah  Davy.

Rangkaian kegiatan edukasi ini diisi dengan seminar singkat dari berbagai pembicara, plant tour untuk melihat proses produksi dan teknologi yang digunakan oleh Sinar Mas Agribusiness and Food dalam mengolah produk-produk unggulannya, serta para perserta diajak untuk melakukan blind test untuk merasakan langsung olahan makanan yang menggunakan produk Filma Prestige yang memiliki rasa yang sama dengan olahan makanan yang menggunakan butter namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Kegiatan edukasi tersebut ditutup dengan Baking Demo dari Celebrity Chef Nina Bertha yang berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai berbagai aplikasi produk turunan kelapa sawit. Menurut Chef Nina,  produk olahan makanan selain harus diperhatikan dari sisi penampilan juga harus memiliki nutrisi yang baik. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh harus  dapat memberikan kebaikan. “Kandungan lemak-trans pada makanan harus kita hilangkan. Tentunya kita tidak ingin memberikan makanan yang tidak baik untuk orang-orang tercinta." kata Nina.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)