Sinergi Bangkitkan UMKM Bidang Kuliner dari Keterpurukan Saat Pandemi

Pandemi Covid-19 telah meluluhlantahkan beberapa sektor tak terkecuali sektor UMKM khususnya bidang kuliner. Berdasarkan survei yang dilakukan SMESCO Indonesia bulan Maret hingga April 2021 lalu yang merupakan salah satu institusi dibawah naungan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemkop UKM), mengungkapkan bahwa persentase UMKM sektor makanan olahan, sektor rumah makan serta warung kopi dan lainnya mengalami keterpurukan karena efek dari pandemi.

Dengan kondisi dan situasi seperti sekarang, Teh Pucuk Harum  berkomitmen mendukung perkembangan industri kuliner di Indonesia dengan kembali berkolaborasi bersama YouTuber Magdalena atau yang lebih dikenal Mgdalenaf pada akun media sosialnya untuk kembali menjalankan program UMKM Pilihan Mgdalenaf Bersama Teh Pucuk Harum yang merambah ke Pulau Sumatera.

Pada Maret 2021 lalu program UMKM Pilihan Mgdalenaf Bersama Teh Pucuk Harum telah mengunjungi 14 UMKM di wilayah Pulau Jawa hingga Bali, tepatnya di 6 kota yang mendapat banyak respons positif dari para followers, subcribers Mgdalenaf hingga masyarakat luas. Kini, UMKM Pilihan Mgdalenaf Bersama Teh Pucuk Harum kembali hadir dengan mengunjungi Pulau Sumatera tepatnya di 6 kota yakni, Lampung, Bangka, Belitung, Palembang, Padang dan Medan.

Senior Brand Manager Teh Pucuk Harum Yustina Amelia mengatakan, “Ini merupakan bukti nyata kami untuk konsisten dalam membantu para UMKM bidang kuliner di Indonesia untuk terus bangkit dan mendukung inovasi-inovasi baru dalam bentuk sajian yang unik dan khas serta disukai masyarakat khususnya para penggiat kuliner”.

Pada program ini masih mengusung konsep yang sama untuk membantu para UMKM di bidang kuliner yang mengalami penurunan omzet ataupun bergantung pada penghasilan sehari-hari. Namun, yang membuat program kali ini berbeda dari sebelumnya adalah Magdalena mengadakan Digital Activation dengan judul #UMKMHuntingWithMGDalenaf #DitemeninTehPucukHarum.

Gerakan digital ini merupakan ajakan kepada followers dan subscribers Mgdalenaf atau pun masyarakat yang sudah menonton tayangan video YouTube UMKM Pilihan Mgdalenaf Bersama Teh Pucuk Harum di Pulau Sumatera untuk bisa turut serta membuat  konten makanan/kuliner sekreatif mungkin tentang UMKM yang telah didatangi Magdalena di Pulau Sumatera.   Para peserta yang mengikuti gerakan digital ini dapat mengunggah konten pada akun Instagram masing-masing dengan unggahan berupa Instagram Story/Feed/Reels.

Magdalena selalu memiliki kisah menarik di setiap kota yang dikunjungi dalam program ini, tak terkecuali pada 6 kota di umatera diantaranya seperti Bebek Gila Deborah yang berlokasi di kota Lampung yang memiliki ciri khas menjual satu ekor bebek dalam ukuran besar yang dimasak dengan cabai seberat 6 kg. Lanjut ke wilayah Tanjung Pandan kota Belitung, terdapat Warung Mak Weng menjual aneka ragam seafood yang segar dan uniknya bumbu bumbu dasar yang digunakan diletakkan di atas permukaan tanah. Ini merupakan salah satu tradisi masakan yang unik dan langka.

Ternyata selama Magdalena membantu para UMKM kuliner di Jawa, Bali dan Sumatera, masih banyak pelaku UMKM kuliner yang tidak mengetahui bagaimana cara untuk menarik para pelanggan datang karena mereka masih berjualan secara konvensional. Selain itu kondisi rumah makan yang tidak mendapatkan perhatian lebih juga menjadi fokus perhatian dari program tersebut.

“Melihat banyaknya respons positif yang diterima dengan menjalankan program UMKM Pilihan Mgdalenaf Bersama Teh Pucuk Harum, kami berharap kedepannya akan ada lebih banyak lagi UMKM bidang kuliner di kota-kota lainnya di Indonesia yang dapat terbantukan dengan diadakan program seperti ini dan para pelaku UMKM dapat kembali bangkit serta melahirkan inovasi baru dalam menyajikkan sajian kuliner,” jelas Yustina.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)